Kapasitas 300 Tapi Diisi 700 Napi Lapas Kelas IIA Bogor Bakal Dipindah

Lapas Kelas IIA Bogor.

POJOKSATU.id, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih akan melakukan kajian terkait relokasi Lembaga Permasyarakatan atau Lapas Kelas IIA Bogor.


Rencana relokasi Lapas Kelas IIA Bogor itu sendiri nantinya akan dilakukan di Pasir Jambu Bogor.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Bogor, Sopian mengatakan, Pemkot Bogor sempat menanyakan soal lahan yang sudah disiapkan pemkot untuk relokasi Lapas Kelas IIA Bogor.

BACA JUGA : BPPSDMP Terus Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian Lewat Ketahanan Pangan Nasional


“Di Kelurahan Pasir Jambu, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor,” kata Sopian.

Menurut Sopian, dalam membangun lapas tidak hanya sekadar membangun bangunan. Namun banyak fasilitas lain yang juga harus diperhatikan.

“Contoh misalkan jarak dekat antara lapas dan rumah sakit, lapas dekat dengan pengamanan terkait. Itu juga harus diperhatikan, bukan hanya sekadar mendirikan bangunannya,” kata Sopian saat ditemui belum lama ini.

BACA JUGA : Hadirkan Tata Kelola Terintegrasi, Pemkot Bandung Raih Penghargaan Smart Governance

Lebih lanjut, ia mengatakan, yang menjadi pertanyaan selanjutnya ialah apakah lahan yang disediakan telah memenuhi standar Lapas Kelas IIA Bogor. Saat ini, Lapas Bogor memiliki kapasitas sekitar 300 orang. Sedangkan lapas telah diisi oleh 699 orang.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari Kepala Lapas yang sebelumnya, Yohanes Waskito, lahan yang disediakan Pemkot Bogor telah diteliti oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Ternyata, diperkirakan lahan yang ada hanya memiliki kapasitas sekitar 500 orang.

“Itu pendapat dari pada kalapas yang lama, saya hanya mendengarkan saja. Tapi ini tentunya pengkajian-pengkajian ini kan tidak melibatkan hanya lapas sendiri tentunya dengan pihak yang lain. Dalam hal ini Badan Pertahanan juga harus juga terlibat, terus juga Bappenas,” jelas Sopian.

BACA JUGA : APBD 2023 Kabupaten Bogor Sah Jadi Rp9,1 Triliun, Rp365 Miliar untuk Gaji P3K

Termasuk, kata dia, penambahan Sumber Daya Manusia (SDM). Jika area Lapas Kelas IIA Bogor semakin luas, menurutnya SDM yang ada juga harus ditambah.

(Adi Wirman)