Warga di Desa Padurenan Gunung Sindur Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

Warga Desa Paduren Gunung Sindur, Kabupaten Bogor menyerahkan bantuan untuk dikirim ke pengungsi korban gempa di Cianjur.

POJOKSATU.id, BOGOR – Kepala desa bersama warga di Desa Paduren Gunung Sindur, Kabupaten Bogor bahu membahu mengumpulkan bantuan untuk dikirim ke pengungsi korban gempa di Cianjur.


“Sebenarnya ini hasil musyawarah bersama warga yang hasilnya bersepakat mengumpulkan sumbangan untuk korban gempa di Cianjur. Melihat berita-berita di tv, terlihat bencana begitu membuat warga kesusahan, akhirnya warga disini inisiatif kumpulin dana sampai sumbangan pakaian layak pakai,” kata Kepala Desa Paduren Gunung Sindur, Ralih Hidayat, Selasa (29/11/2022).

Warga Desa Paduren Gunung Sindur mengirimkan beberapa bahan pokok yang dibutuhkan para pengungsi, mulai dari popok, susu bayi, pembalut hingga terpal berhasil terkumpul.

BACA JUGA : Sekda Bandung Serahkan Langsung Bantuan Gempa kepada Bupati Cianjur


Hasil sumbangan warga juga dibelikan beras hingga mie instan untuk dikirim ke warga korban gempa Cianjur.

“Alhamdulillah, hasilnya lumayan. Jumlahnya mungkin tidak banyak, tetapi ini bentuk peduli warga di Desa Pedurenan untuk korban di Cianjur, mudah-mudahan meringankan kebutuhan korban dan jadi motivasi bagi mereka bahwa tetap banyak yang peduli dan mereka tidak sendiri,” ucap Ralih.

Sumbangan warga pedesaan itu kemudian dikirim langsung oleh Kades Ralih ke pengungsi di Kampung Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA : Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan Langsung ke Cianjur

Di lokasi ini, warga masih hidup di pengungsian dengan tenda hanya ditutup plastik bekas menyemai bibit pertanian.

“Alhamdulillaah, bantuan titipan warga kita sampaikan langsung ke pengungsi di Kampung Sarongge. Alhamdulillah mereka senang, karena yang kita bawa memang yang dibutuhkan, seperti terpal, pampers dan susu bayi dan makanan pokok,” kata Ralih.

Sebelumnya, gempa Magnitudo (M) 5,6 mengguncang Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu. Hingga Selasa (29/11/2022), tercatat sebanyak 327 orang tewas akibat gempa dan 13 orang lainnya dilaporkan masih hilang dan terus dicari tim SAR gabungan.

BACA JUGA : Tim Trabas Trail Polda Jabar Distribusi Bantuan Gempa Cianjur sampai ke Daerah Terisolir

Aksi kemanusiaan warga di Desa Paduren Gunung Sindur ini tergerak usai gempa akibat aktivitas sesar Cimandiri melukai 595 orang luka-luka serta merusak ribuan rumah dan membuat 108.720 orang mengungsi di 451 titik.

(Adi Wirman)