BPBD Minta Warga Waspada Ada Wilayah yang Rawan Terdampak Gempa di Kabupaten Bogor

Ilustrasi gempa.

POJOKSATU.id, BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebut beberapa wilayah rawan terdampak gempa di Kabupaten Bogor.


Meskipun pusat gempa bukan berada di Bogor.

“Histori gempa kita biasanya terdampak dari wilayah lain seperti Banten, Pelabuhanratu,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Agus Suyatna, Selasa (29/11/2022).

BACA JUGA : Info Lokasi dan Jadwal SIM Keliling Bogor Rabu 30 November 2022


Kata dia, rawan terdampak gempa di Kabupaten Bogor berada di perbatasan.

Khususnya apabila pusat gempa tercatat berada di kedua wilayah tersebut.

“Biasanya terdampak daerah perbatasan Sukajaya, Nanggung yang berbatasan langsung dengan Sukabumi. Terus daerah Cigombong, Cijeruk, kalau terjadi gempa juga biasanya terdampak,” jelasnya.

BACA JUGA : Camat Tanah Sareal Minta Jalan Amblas di Jalan Sholeh Iskandar Bogor Diperbaiki Sebelum Libur Natal dan Tahun Baru

Sedangkan, ada wilayah lain lagi yang rawan terdampak gempa di Kabupaten Bogor. Seperti Cisarua, Megamendung dan Sukamakmur yang terdampak gempa Cianjur.

“Baru terjadi sekarang kita berdampak juga nih dari Cianjur. Itu daerah-daerah yang kena dampak kemarin Cisarua, Megamendung, Sukamakmur, yang berbatasan dengan Cianjur,” ungkapnya.

Sejauh ini, berdasarkan catatannya Kabupaten Bogor tidak memiliki potensi pusat bencana gempa bumi.

BACA JUGA : Warga di Desa Padurenan Gunung Sindur Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

Namun, berpotensi rawan terdampak gempa di Kabupaten Bogor berada dekat dengan pusatnya. “Memang Kabupaten Bogor historisnya tidak punya potensi pusat gempa. Walaupun pusat gempanya bukan di kita cuma dampaknya aja,” pungkasnya. (Ipe)