Audit Kasus Stunting (AKS) di Kota Bogor

AKS Kota Bogor.

POJOKSATU.id, Bogor – Audit Kasus Stunting merupakan salah satu bagian dari Tim Percepatan Penurunan Stunting yang bertujuan untuk mengaudit sasaran yang berisiko tinggi stunting untuk mencegah kasus baru stunting.


Pelaksanaan kegiatan Audit Resiko Stunting. Alur pelaksanaan Audit Kasus Stunting yang dilaksanakan di Kota Bogor melalui tahapan:

1) Pembentukan Tim AKS Kota Bogor

2) Identifikasi dan Verifikasi Data Sasaran AKS (input -Data Keluarga Risiko Stunting (Elsimil, Input G-Form, e-PPBGM, PK21, process- Pengolahan dan Analisis Data Process Sasaran ,Output – Data Keluarga Berisiko Stunting Calon Output Seleksi Kasus AKS oleh Tim Pakar)


3) Seleksi Kasus Sasaran Calon AKS.

Seleksi Kasus Sasaran Calon AKS dilaksanakan Secara hybrid pada tanggal 6 Oktober 2022 di Aula DPPKB Kota Bogor dan diikuti Tim Pakar melalui Zoom Meeting.

Output dari Kegiatan Seleksi kasus di dapatkan:

– Bumil (17 Orang)

– Bupas (11 Orang)

– Baduta (12 Orang)

– Catin (3 Orang)

4) Peninjauan Lapangan (Visiting) Sasaran AKS

· Hasil dari Peninjauan Lapangan (Visiting), jumlah sasaran mengalami perubahan dikarenakan sesuai dengan pengukuran ulang sudah berada di fase aman.

· Kondisi Lingkungan (sanitasi, sirkulasi udara, jamban, asupan makanan dan air bersih) dalam kondisi yang Tidak Baik.

5) Pelaksanaan Kajian AKS oleh Tim Pakar dan Rekomendasi (dilaksanakan untuk mengkaji hasil dari kegiatan visiting)

6) Diseminasi, Rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut Dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022 di ruang serbaguna DPRD Kota Bogor.

Acara dihadiri oleh Bapak Wakil Wali Kota Bogor selaku Ketua TPPS Kota Bogor, Kepala Dinas yang terkait stunting, Tim Pakar, Kodim, Korwil Puskesmas, Korlap PLKB, Camat, TP,PKK, Organisasi, BUMD, Komunitas.

Rekomendasi rencana intervensi oleh dinas/instansi/organisasi kepada sasaran AKS 1 :

7) Pembuatan dan Penyampaian Laporan ke Provinsi

8) Evaluasi Rencana Tindak Lanjut

Dokumentasi