Soal Penolakan Penutupan Jalan Otista Bogor, Begini Respon Sekda Kota Bogor

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sopiah

POJOKSATU.id, BOGOR – Wacana penutupan jalan Otista Bogor imbas rencana pembangunan dan pembongkaran ulang Jembatan Otista, Kota Bogor pada tahun 2023 mendatang diprotes oleh warga sekitar.


Menanggapi penutupan jalan Otista Bogor tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sopiah mengatakan
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah memiliki dua pola dalam pengerjaan pembangunan Jembatan Otista ini.

Yakni, dikerjakan secara separuh-separuh di sebagian jalan atau dikerjakan secara sekaligus, imbasnya dilakukan penutupan jalan Otista Bogor.

BACA JUGA : Penutupan Jalan Jembatan Otista Bogor Ditolak Mentah-mentah Pedagang SSA Kota Bogor


Akan tetapi, hingga saat ini Pemkot Bogor belum memutuskan apakah pengerjaan pembangunan Jembatan Otista itu akan dilakukan secara separuh-separuh atau dikerjakan sekaligus.

“Itu tahun depan. (Tapi yang pasti) Jembatan Otista itu harus selesai dalam satu tahun anggaran,” kata Syarifah kepada wartawan, Senin 28 November 2023.

Diakui Sekda Kota Bogor, memang pengerjaan Jembatan Otista bisa saja dilakukan secara separuh-separuh. Artinya, pengerjaan dilakukan di sebagian jembatan.

BACA JUGA : Bantu Kelompok Tani Perkuat Pangan, OMG Berikan Instalasi Hidroponik

Akan tetapi, hal itu pun akan berdampak terhadap pembangunan pengerjaan, di mana waktunya akan sangat lama sekali.

“Waktunya sangat lama sekali. Kalau misalnya waktu tidak mencukupi, maka akan dilakukan tutup total,” ucap Syarifah.

Meski begitu, Sekda Kota Bogor meyakini, penutupan jalan Otista Bogor tidak berarti masyarakat tidak bisa mengakses. Karena, nantinya akan ada rerouting atau rekayasa lalulintas yang dilakukan.

BACA JUGA : Sepekan Gempa Cianjur, Tim DVI Identifikasi 146 Jenazah Korban Gempa dan Longsor

“Kita nanti di rerouting gitu. SSA-nya di rerouting supaya yang pelaku usaha dan masyarakat itu masih bisa beraktivitas, meski jembatan itu ditutup,” imbuhnya.

Disinggung para pelaku usaha mengaku belum mendapatkan sosialisasi mengenai wacana penutupan Jalan Otista ini, ditambahkan Sekda Kota Bogor, memang untuk hal itu pihaknya belum melakukan sosialisasi. Sementara, sosialisasi yang sudah dilakukan baru sebatas terkait rencana pengerjaan pembangunannya.

“Iya sosialisasi penutupan jalan Otista Bogor kan belum, karena kita ingin juga pada saat sosialisasi sudah termasuk dengan rerouting, biar masyarakat tahu oh iya ternyata masih bisa,” ungkap dia.

(Adi Wirman)