Ada Gempa Susulan Wisatawan Puncak Bogor Diminta Waspada

Ilustrasi wisatawan Puncak Bogor. IST

POJOKSATU.id, BOGOR – Wisatawan Puncak Bogor, Kabupaten Bogor, diimbau berhati-hati dan waspada. Sebab, masih terjadi gempa susulan yang berpusat di Cianjur dan guncangannya terasa hingga ke Bogor.


Antisipasi untuk wisatawan Puncak Bogor ini lantaran saat Cianjur diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada 21 November 2022, Kabupaten Bogor juga kena dampaknya, ratusan rumah rusak.

Salah satu wilayah yang terdampak adalah Kecamatan Cisarua, dimana banyak wisatawan Puncak Bogor. Di wilayah yang berbatasan langsung dengan Cianjur ini tercatat ada 16 bangunan rusak saat gempa itu terjadi.

BACA JUGA : Relawan Jurnal Indonesia Laksanakan Workshop Donasi Peduli Gempa Cianjur


Karena itu, pihak aparatur Kecamatan Cisarua mengingatkan kepada pengelola wisata, hotel, serta vila agar tetap waspada dan memerhatikan struktur bangunan serta menyediakan jalur evakuasi.

“Sifatnya imbauan. Dan kami sudah menyebar surat imbauan ini kepada pengelola wisata, hotel, dan vila,” ujar Camat Cisarua, Ivan Pramudia.

Ivan menerangkan, imbauan ini agar wisatawan Puncak Bogor dan pengelola selalu waspada mengingat masih terjadi gempa susulan dan guncangannya terasa hingga Bogor, khususnya di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua.

BACA JUGA : Update Korban Gempa Cianjur Minggu 27 November : 321 Meninggal, 11 Orang Belum Ditemukan

Ivan menambahkan, setiap pengelola atau penjaga vila juga diminta untuk melaporkan kepada ketua RT/RW setiap ada tamu yang menginap.

“Identitas dan berapa orang yang menginap di vila harus dilaporkan ke ketua RT/RW. Ini untuk memudahkan identifikasi jika hal buruk terjadi. Kalau hotel kan sudah pasti terdata,” kata dia.

Imbauan ini juga berlaku bagi wisatawan yang sedang melakukan perjalanan di kawasan Puncak. Bila sewaktu-waktu terjadi gempa diminta untuk tetap tenang, hindari pohon tinggi, papan reklame, tiang listrik, dan jauhi tebingan.

BACA JUGA : Identitas Pelaku Copot Label Gereja di Pengungsian Gempa Cianjur Diungkap Kapolda Jabar, Sudah Bisa Ditebak

“Kewaspadaan ini sangat penting untuk meminimalisir jatuhnya korban,” kata dia.

Sementara BMKG melaporkan terdapat sedikitnya tiga rangkaian gempa bumi susulan yang melanda Kabupaten Cianjur sejak 21 November 2022 bermagnitudo 5,6.

Adapun gempa susulan itu di antaranya pada 22 November 2022 pukul 13.43 WIB sebesar Magnitudo 2,9. Kemudian pukul 14.51 WIB sebesar Magnitudo 2,8 dan pukul 14.52 WIB sebesar Magnitudo 2,6.

Selanjutnya, pada 23 November 2022 pukul 11.41 WIB sebesar Magnitudo 3,9. Pada pukul 12.08 WIB sebesar Magnitudo 2,8, pukul 18.49 WIB sebesar Magnitudo 3,5. Dan pada 26 November 2022 pukul 02.22 WIB sebesar Magnitudo 2,8.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, tercatat jumlah rumah di wilayah Kabupaten Bogor yang terdampak gempa Cianjur tersebar di 28 desa. Sebanyak 163 rumah warga terdampak gempa, termasuk di kawasan Cisarua dan Megamendung, dimana banyak berdatangan wisatawan Puncak Bogor. (Ipe)