Kota Bogor Sebagai Tuan Rumah Porprov 2026, Pemkot Siapkan Kampung Atlet di Tanah Sareal

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. Foto/Adi/Pojokbogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Ditunjuknya Kota Bogor sebagai tuan rumah Porprov 2026 atau Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat, membuat pemerintah kota (pemkot) bebenah.


Berbagai persiapan Kota Bogor sebagai tuan rumah Porprov 2026 pun langsung dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Bogor termasuk sarana dan prasarana.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, mengatakan persiapan Kota Bogor sebagai tuan rumah Porprov 2026, dengan pembangunan Kampung Atlet di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

BACA JUGA : Vaksin Booster Kedua Lansia di Kota Bogor Sudah Resmi Dimulai


Tak hanya itu, revitalisasi GOR Pajajaran memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Baik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, maupun pemerintah pusat.

“Kita masih akan merencanakan lebih detail terkait dengan kampung atlet di Kayumanis, yang perlu kita seriuskan. Terutama dukungan pembiayaan dari Pemprov Jawa Barat dan (Pemerintah) Pusat,” kata Dedie, Kamis (24/11/2022).

Dedie mengatakan, Pemkot Bogor akan mendorong lagi kepada Pemerintah Pusat terkait rencana revitalisasi GOR Pajajaran.

BACA JUGA : Ini Link Live Streaming Brasil vs Serbia 25 November : Paling Ditunggu, Laga Terakhir Matchday 1

Apalagi menjelang persiapan Porprov Jawa Barat 2026 banyak hal yang harus dipersiapkan Pemkot Bogor.

“Selain sarana dan prasarana, kemudian juga atlet, kemudian juga mungkin jenjang kompetisinya, supaya kita bisa punya atlet-atlet yang diproyeksikan meraih emas di 2026,” ujarnya.

Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah (PR) Pemkot Bogor dalam menyiapkan Port Kemudian ke depan tentu masih banyak pekerjaan rumah selama persiapan Kota Bogor sebagai tuan rumah Porprov 2026.

BACA JUGA : Bocoran dari istana Terkait Reshuffle Menteri Usai KTT G20, Jangan Kaget Yah

Masih ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang harus dibicarakan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor terkait rencana pengembangan sarana dan prasarana.

Di samping itu, saat ini Pemkot Bogor tengah membangun dua GOR mini di Kecamatan Bogor Utara dan Bogor Selatan.

Diharapkan, kedua GOR mini tersebut bisa digunakan menjadi venue Porprov Jawa Badat 2026.

“Jadi ini nggak bisa main-main, harus betul-betul dihitung, direncanakan secara lebih matang, kemudian juga tentu mempertimbangkan berbagai aspek teknis syarat-syarat ketentuan yang dipersyaratkan di dalam pembangunan venue olahraga,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Bogor Benninu Argoebie mengatakan Kota Bogor siap menjadi tuan rumah yang baik, ramah, dan nyaman bagi seluruh Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

“Alhamdulillah Kota Bogor sebagai tuan rumah Porprov 2026 Jabar setelah 56 tahun berlangsungnya pekan olahraga terbesar se-Jawa Barat ini. Kami siap menjadi tuan rumah,” tandasnya.

(Adi Wirman)