David Rizar Nugroho Aklamasi Terpilih Sebagai Ketua FORKAPI ke-4, Ini Dia Visi Misinya

David Rizal Nugroho sebagai Ketua Umum dan Hudi Santoso sebagai Sekretaris FORKAPI Periode 2022-2026. IST

POJOKSATU.id, BOGOR – David Rizar Nugroho aklamasi terpilih kembali menjadi Ketua FORKAPI atau Forum Komunikasi Pembangunan Indonesia untuk periode 2022-2026, melalui kongres di Hotel Papyrus, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (24/11).


“Alhamdulillah setelah membentuk tim formatur untuk menentukan ketua umum yang baru untuk periode 2022-2026. Mereka langsung bekerja,” ujar Ketua FORKAPI, David Rizar Nugroho.

Lebih lanjut Ketua FORKAPI, David mengatakan, komposisi tim formatur berasal dari 2 pengurus FORKAPI yang lama, 2 dari pengurus daerah (Korda) perwakilan Jakarta dan Lampung, dan terakhir 1 perwakilan dari Program Studi IPB University.

BACA JUGA : Kongres FORKAPI IV Hasilkan 30 Papers dari Seluruh Indonesia


Kelima tim formatur pada tahun ini, memilih untuk langsung mengumumkan ketua umum yang baru melalui sidang dan menetapkan David Rizal Nugroho sebagai Ketua Umum dan Hudi Santoso sebagai Sekretaris FORKAPI Periode 2022-2026.

Di sisi lain, ada 4 kegiatan dalam hajatan FORKAPI yang berlangsung selama satu hari tersebut.

Keempat agenda tersebut adalah Konferensi Nasional, Call For Papers, Kongres FORKAPI dan Temu Aluni Komunikasi Pembangunan (KMP).

BACA JUGA : Kota Bogor Sebagai Tuan Rumah Porprov 2026, Pemkot Siapkan Kampung Atlet di Tanah Sareal

“(Kegiatan ini) berkumpulnya para pakar ahli komunikasi pembangunan se-Indonesia yang mayoritas adalah alumni program studi Komunikasi Pembangunan IPB University baik S2, dan S3,” ucapnya.

Menurutnya, sejak FORKAPI didirikan pada tahun 2001 silam melalui Kongres pertamanya di IPB terus mengalami perkembangan hingga akhirnya sudah ada empat kali pergantian ketua umum.

“Memang biasanya kegiatan ini harus dirangkaikan kegiatan lainya, tentunya yang bermanfaat,” terangnya.

BACA JUGA : Wabup Suaib Mansur Lepas 26 Atlet Karate Luwu Utara ke Kejurda Gowa

Selain itu, Call For Papers atau pengumpulan makalah mempersentasikan hasil penelitian-penelitan terkait dengan komunikasi pembangunan dari anggota FORKAPI. Setidaknya, sudah ada 30 paper yang terkumpul untuk dipresentasikan.

Doktor komunikasi jebolan IPB ini mengungkapkan, selain presentasi papers, kegiatan ini diisi dengan Konperensi Nssional Komunikasi Pembangunan dengan pembicara kunci Ronny Adhikarya manager, The World bank & Ex-United Nations/FAO Representative.

Sedangkan, Beskti Istiyanto yang juga Ketua Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunkasi (Aspikom) Pusat Periode 2022-2025 menyampaikan materi Kontribusi Rumpun Ilmu Komunikasi dalam Riset Tentang Perubahan Sosial Masyarakat Pasca-Pandemi.

Dalam kesempatan itu, pada malam harinya ada kegiatan temu kangen alumni dari berbagai daerah sebagai salah satu upaya untuk menjaga silaturahmi.

“Acara kangen-kangenan, datang dari berbagai wilayah Lampung, Kalimantan, hingga Padang sekaligus resepsi, kita kangen-kangenan dengan guru-guru kita, dosen dikemas dengan acara informal,” pungkasnyadalam momen terpilihnya Ketua FORKAPI baru itu.