Selamat Hari Pahlawan, Ini Harapan Ketua DPRD Rudy Susmanto

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

POJOKBOGOR.com – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengatakan pentingnya mengetengahkan gagasan dan sikap pahlawan bangsa dalam konteks pembangunan saat ini.


Keteladanan yang ditunjukan para pahlawan, kata Rudy, menjadi bagian penting selain pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan hari ini dan masa yang akan datang.

“Pahlawanku teladanku, yang menjadi tema peringatan hari pahlawan tahun ini sangat relevan dengan kebutuhan kita. Sebagai bangsa besar dengan cita-cita yang besar, kita butuh sosok ideal yang bisa kita teladani,” ujar Rudy, Kamis (10/11).

Baca Juga : Ketua DPRD Rudy Susmanto Sorot Banyak Kursi Jabatan Kosong di Pemkab Bogor


Keteladanan tersebut, kata Rudy, bisa ditemukan pada para pahlawan bangsa. Mereka mewujudkan pikiran, sikap, dan tindakannya untuk membela kepentingan masyarakat banyak, serta membela harkat dan martabat bangsa dan negara.

“Bahkan gagasan, serta ideal-ideal yang mereka cetuskan pada masa kehidupan mereka masih sangat relevan hingga saat ini. Tugas kita adalah mengkontekstualisasikan ideal-ideal tersebut agar sesuai dengan situasi hari ini dan perubahan keadaan yang sangat dinamis,” katanya.

Rudy menambahkan, menjadikan sosok pahlawan sebagai teladan, bisa dilakukan setelah kita mengenal dengan baik siapa sosok tersebut.

Mengenal, lanjut Rudy, tidak hanya sekedar mengetahui nama, tetapi memahami gagasan mereka, dan bagaimana mereka menerjemahkan gagasan tersebut kedalam sikap dan tindakan.

“Karena itu, penting bagi kita memahami pikiran-pikiran beliau, situasi lingkungan dan situasi zaman yang membentuk karakter mereka,” katanya.

Baca Juga : DPRD Kabupaten Bogor Lakukan Studi Banding Penanganan Minol ke Kota Bekasi

Rudy berharap, momentum peringatan hari pahlawan dengan mengetengahkan diksi keteladanan dapat membangkitkan kesadaran kita untuk mengenal dengan baik pahlawan bangsa.

Terutama, bagi para pemangku kebijakan, baik ekskutif, legislatif dan juga yudikatif serta lembaga atau organisasi non pemerintahan.

“Juga penting bagi lembaga pendidikan kita di semua tingkatan, agar mengenalkan secara mendalam pikiran, sikap, tindakan pahlawan kita. Dengan demikian, sosok pahlawan menjadi teladan bagi mereka,” cetusnya.

Terakhir, Rudy mengajak masyakarat untuk mendoakan para pahlawan bangsa. Rudy juga mengajak, agar kita semua menghargai jasa-jasa mereka dengan melanjutkan perjuangan mereka dalam membangun diri, lingkungan, bangsa dan negara mencapai tujuan hidup berbangsa dan bernegara.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Selamat hari pahlawan, Pahlawanku teladanku,” tandasnya. (Rishad Noviansyah/Pojoksatu)