Jelang Hari Pahlawan IHGMA Chapter Bogor Bebersih Makam Dreded

IHGMA Chapter Bogor, mengecat makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa (8/11/3022). Foto/Adi/Pojokbogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Indonesian Hotel General Manager Assosiation atau IHGMA Chapter Bogor, mengecat makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa (8/11/3022).


Kegiatan itu dilakukan jelang Hari Pahlawan 10 November, IHGMA Chapter Bogor sendiri ingin memperingatinya dengan cara yang humanis.

Sebelum pengecetan, kegiatan IHGMA Chapter Bogor bersama anggota Indonesian Housekeepers Association (IHKA) terlebih dulu membersihkan nisan dan dinding makam dari debu dan lumut yang mengering.

BACA JUGA : Diduga Gas Bocor di Bogor dari Tukang Bakso Aci, Lima Orang Jadi Korban


“Kegiatan membersihkan dan mengecat makam pahlawan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari pahlawan,” kata Ketua IHGMA Chapter Bogor, Sri Endah Yuwantiningrum.

Menurutnya, aksi ini merupakan wujud rasa terimakasih, hingga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan Negara Indonesia.

Tujuanya, dilanjutkan perempuan yang kerap disapa Endah agar makam-makam terlihat cantik dan bersih, sehingga ketika ada keluarga yang berziarah sudah rapih dan keadaan baik.

BACA JUGA : Copet Perempuan di Pasar Pamijahan Berkeliaran Tadi Pagi

“Bisa dilihat kondisi (makam) sangat memprihatinkan untuk pahlawan yang memang seharusnya kita hormati,” ungkap perempuan yang menjabat sebagai Hotel Manager Vave Hotel Pajajaran Bogor.

IHGMA Chapter Bogor sendiri, diakuinya melibatkan 100 orang baik manager dan para pekerja hotel dengan target pengecetan 1.000 makam pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan Indonesia.

“Jadi Biasanya kita hanya bersih-bersih, kali ini kita 1 persen lebih lah ya untuk melangkah lebih, mudah-mudahan kedepannya bisa lebih banyak lagi yang bisa kita lakukan,” imbuhnya.

BACA JUGA : Pesta Kriya Wasta : Relawan Srikandi Ganjar Jatim Gali Potensi Perempuan Milenial Pasuruan

“Apa yang lakukan adalah sebuah gerakan kecil. Tapi kami berharap, kegiatan ini menjadi berarti,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Bapak Fahrudin mengapresiasi kegiatan pengecetan makam pahlawan yang dilakukan IHGMA Chapter Bogor.

Fahrudin menjelaskan, perawatan TMP Dreded sebenarnya menjadi kewajiban Dinas Sosial, hanya saja pada tahun 2022 alokasi anggaran dialihkan untuk kebutuhan yang lebih prioritas.

“Alhamdulillah langsung disambut baik, kegiatan ini juga sponsori dari Pacific Paint. Dan hari ini direalisasikan,” katanya.

Menurutnya, pengecetan makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan, perhatian dari IHGMA Chapter Bogor, dan seluruh peserta yang terlibat. “Kita ingin makam pahlawan ini terus kita pelihara, sebagai satu tempat ke penghormatan terakhir dan tempat yang bersejarah tentunya supaya bangsa ini mencintai para pahlawannya dan anak-anak khususnya para peserta didik,” tukasnya.

(Adi Wirman)