Pengertian, Fitur, Syarat Ketentuan dan Status Nomor Pada Saat Menggunakan Whatsapp API

Mengenal Pengertian, Fitur, Syarat Ketentuan dan Status Nomor Pada Saat Menggunakan Aplikasi Whatsapp API.
Mengenal Pengertian, Fitur, Syarat Ketentuan dan Status Nomor Pada Saat Menggunakan Aplikasi Whatsapp API.

POJOKBOGOR.com – Whatsapp API adalah salah satu aplikasi yang sampai dengan saat ini banyak dipergunakan oleh kalangan masyarakat. Selain itu, aplikasi yang satu dijadikan alat untuk membantu pihak perusahaan melakukan kegiatan pemasaran.


Pada saat menggunakan aplikasi Whatsapp API semua fitur bisa dimanfaatkan secara gratis atau tidak berbayar. Maka dari itu, sangat wajar di saat banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai perihal Whatsapp API. Sedangkan, bagi Anda yang juga penasaran dengan perihal Whatsapp tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Whatsapp API


Whatsapp API merupakan Application Programming Interface yang mempunyai fitur untuk membantu dan mempermudah mengelola sebuah bisnis. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa mempermudah perusahaan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan atau customer.

Fitur yang ada di aplikasi Whatsapp API ditujukan untuk kepentingan bisnis dan bukan personal maupun perorangan.

Pada fitur yang satu ini juga bisa dimanfaatkan guna mengembangkan menjadi sebuah aplikasi, sistem atau fitur lain yang terhubung dengan Whatsapp.

Sehingga, dengan hal tersebut bisa membantu para perusahaan untuk melakukan komunikasi kepada para pelanggannya.

Baca Juga : Aplikasi Bisnis Online Sebagai Solusi Dari Sekian Banyaknya Masalah Bisnis Online

Fitur Menggunakan Whatsapp API

Seperti yang diketahui, untuk sekarang mengelola sebuah bisnis bukan menjadi satu hal sulit lagi. Apalagi, sekarang juga banyak sekali macam-macam alat atau aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mengelola sebuah bisnis.

Sayangnya, pada setiap aplikasi yang muncul atau ada saat ini belum memberikan sesuai dengan kebutuhan kalangan masyarakat.

Akan tetapi, untuk Anda yang menggunakan aplikasi Whatsapp API akan diberikan beberapa fitur sebagai berikut:

1. Profil Bisnis

Fitur pertama yang bisa dipergunakan langsung oleh para pengguna aplikasi Whatsapp API adalah mempunyai profil bisnis.

Dengan adanya fitur yang satu ini, untuk para pemilik bisnis atau perusahaan bisa mendeskripsikan alamat, kategori, jam kerja dan masih banyak lainnya lagi.

Selain itu, pada fitur yang satu ini masih tergolong basic dan banyak ditemui pada versi Whatsapp Business biasa.

2. Pesan Otomatis

Fitur kedua dari Whatsapp API adalah mempunyai pesan secara otomatis. Sesuai dengan namanya, untuk fitur yang satu ini bisa membuat para pemilik usaha atau perusahaan tidak perlu standby guna membalas pesan dari konsumen secara manual.

Artinya, hanya dengan mengaktifkan fitur yang satu ini semua pesan akan terbalaskan secara otomatis kepada pihak konsumen.

Bahkan, untuk Anda juga bisa menentukan waktu guna membalas pesan tersebut. Terdapat 3 fitur pesan otomatis yang ada di aplikasi Whatsapp API, yaitu:

● Away Message : Anda bisa membalas pesan dari pihak konsumen secara otomatis, meski sedang berada di kondisi atau waktu sibuk.

● Greeting Message : Anda bisa menggunakan fitur yang satu ini guna menyapa dan menyambut pelanggan baru secara otomatis.

● Quick Replies : Anda bisa melakukan pembalasan pesan yang telah diberikan oleh pelanggan. Selain itu, untuk masalah pertanyaan juga bisa dijawab secara otomatis.

3. Katalog

Dengan adanya fitur Whatsapp API catalog ini bisa memberikan kemungkinan kepada Anda untuk menambahkan beberapa keterangan produk.

Selain itu, untuk fitur katalog ini juga bisa ditampilkan pada halaman utama profil Whatsapp. Hanya dengan menggunakan fitur satu ini bisa membuat pelanggan melihat produk apa saja yang dijual.

4. Centang hijau

Saat ini banyak dari kalangan masyarakat yang lebih percaya dengan akun centang hijau, meski terkadang barang atau produk tidak mempunyai kualitas terbaik. Pada saat Anda menggunakan Whatsapp API juga menemukan fitur tersebut.

Centang hijau atau yang sering disebut dengan green tick merupakan salah satu alat identitas untuk akun Whatsapp sudah terverifikasi.

Dengan akun yang telah terverifikasi ini bisa mendapatkan centang hijau dengan posisi di sebelah nama profil bisnis.

Hanya dengan centang hijau ini bisa memberikan perubahan atau peningkatan kepercayaan kepada pelanggan atau customer. Bahkan, untuk masalah kredibilitas dari bisnis atau perusahaan di mata pelanggan juga ikutan meningkat.

Baca Juga : Mengenal Kwitansi Pembayaran: Pengertian, Format, dan Fungsinya

5. Chat Bot (Robot Chat)

Pada fitur Whatsapp API yang satu ini berbeda dengan pesan otomatis. Dengan adanya fitur kali ini bisa memberikan kemungkinan kepada Anda langsung mengarahkan kepada pelanggan didalam suatu tujuan tertentu.

Contoh mudahnya, untuk Anda yang melakukan proses transaksi penjualan. Maka, proses transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan returns produk dan masih banyak lainnya bisa dilakukan secara otomatis.

Chat Bot juga bisa diterapkan pada beberapa kegiatan yang membutuhkan pelanggan guna mengikuti beberapa langkah terlebih dahulu.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di dalam fitur Chat Bot, yaitu pengiriman faktur pembelian, penulisan alamat secara detail, mengirimkan bukti pembayaran dan masih banyak lainnya lagi.

6. Multi User

Dengan adanya fitur multi user kali ini bisa memberikan kemungkinan kepada Anda untuk mengakses akun Whatsapp API.

Bahkan, untuk Anda yang ingin mengakses di tempat dan device berbeda juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp tersebut.

7. Alokasi Agent

Fitur Alokasi Agent juga bisa memberikan kemungkinan kepada Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang. Artinya, untuk pihak pemilik bisnis atau perusahaan bisa mengirimkan pesan secara otomatis di waktu yang bersamaan.

Misalnya, ketika Anda mempunyai 3 agen dan akan mengirimkan pesan masuk kurang lebih 150 pesan di setiap nomor Whatsapp. Maka, kurang lebih ada 50 pesan yang akan diterima oleh masing-masing agen tersebut.

8. Jam Kerja

Adanya fitur Whatsapp API yang satu ini juga bisa memberikan kemungkinan kepada Anda untuk mengatur jadwal atau jam kerja bisnis.

Selain itu, dengan adanya fitur jam kerja ini para customer bia mengerti jam kerja online dan offline perusahaan tersebut.

Artinya, untuk para customer yang mengirimkan pesan berhubungan dengan pertanyaan di luar jam kerja akan dibalas secara rinci di saat sudah mulai jam kerja.

9. Broadcast (Whatsapp Blast)

Fitur broadcast atau yang sering disebut dengan Whatsapp Blast ini memberikan kemungkinan kepada Anda untuk mengirimkan pesan secara massal.

Bahkan, hanya dengan satu sentuhan menu “kirim” saja sudah bisa mengirimkan pesan secara sampai dengan ribuan nomor Whatsapp.

10. Terhubung atau Terintegrasi dengan Aplikasi Lainnya

Pada fitur Whatsapp API selanjutnya adalah langsung terhubung atau terintegrasi pada aplikasi lainnya. Untuk beberapa aplikasi yang bisa terhubung dengan aplikasi Whatsapp API adalah Facebook Messenger, Instagram.

Line, Telegram dan masih banyak lainnya. Artinya, Anda bisa langsung membalas dan menjawab pesan dari pelanggan pada berbagai saluran di dalam waktu yang singkat.

11. Laporan Statistik

Untuk fitur Whatsapp API yang paling akhir adalah laporan statistik. Artinya, untuk para pengguna aplikasi tersebut bisa melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail.

Sehingga, dengan hal tersebut bisa membantu Anda untuk melakukan monitoring pencapaian tim secara real time.

Baca Juga : Mengenal Sistem IP PABX dan Cara Kerjanya dan Aplikasi Rekomendasinya

Syarat dan Ketentuan Menggunakan Whatsapp API

Meski dianggap sepele begitu saja, akan tetapi untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi tersebut juga ada beberapa syarat dan ketentuan harus dipenuhi terlebih dahulu. Untuk syarat dan ketentuan pada saat menggunakan aplikasi Whatsapp API adalah:

1. Customer Initiated

Customer Initiated merupakan percakapan yang dimulai dari pihak pelanggan dengan cara mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada pihak perusahaan. Selain itu, untuk sesi customer initiated ini akan mulai diperhitungkan dari mulai bisnis membalas pesan para pelanggan.

Contohnya, selama kurang dari 24 jam sejak balasan chatting yang pertama dari bisnis. Maka, untuk bisnis bisa mengirimkan pesan kepada pelanggan tanpa dikenakan biaya sama sekali.

2. Business Initiated

Business Initiated merupakan percakapan yang dimulai oleh perusahaan dengan mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada pihak customer. Selain itu, para perusahaan juga akan memulai mengirimkan template pesan kepada pelanggan yang sudah di approve.

Contohnya, bisnis yang akan mengirimkan pesan pertama kepada pelanggan dengan menggunakan template pesan sebelumnya sudah dibuat.

Maka dari itu, di waktu tersebut business initiated akan dimulai dan pihak perusahaan akan dikenakan biaya.

Status Nomor Pada Whatsapp API

Seperti yang diketahui, untuk aplikasi Whatsapp kali ini berbeda dengan yang biasa. Ada lima status nomor telepon yang harus dipahami di saat akan menggunakan aplikasi Whatsapp API sebagai berikut:

● Pending : Status nomor yang belum melakukan pemeriksaan kebijakan perdagangan selesai.

● Offline : Status nomor di saat bisnis gagal dalam melakukan pemeriksaan kebijakan perdagangan atau membatalkan akun Whatsapp tersebut.

● Connected : Status nomor default.

● Flagged : Status nomor di saat peringkat kualitas sudah berada di titik paling rendah. Ketika ingin meningkatkan menjadi medium atau high, paling tidak Anda membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari.

Dengan waktu tersebut sudah bisa membuat status nomor Whatsapp menjadi connected lagi. Selain itu, untuk akun Whatsapp juga bisa langsung terhubung tanpa diberlakukan pembatasan pengiriman pesan.

● Restricted : Status nomor di saat bisnis sudah berada di batas pengiriman pesan. Sehingga, dengan hal tersebut bisa dijadikan alat untuk meningkatkan kualitas.

Baca Juga : 7 Cara Memilih Aplikasi Slip Gaji Online yang Tepat

Memang, di saat membicarakan perihal hasil aplikasi di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini tidak akan ada habis dan ujungnya.

Apalagi, untuk masalah dunia bisnis atau perusahaan akan terus saling bersaing dan membutuhkan peran alat dari aplikasi lainnya.

Akan tetapi, untuk Anda yang sudah mempunyai perusahaan atau usaha bisa langsung saja menggunakan aplikasi sejenis Whatsapp tersebut.

Sudah banyak juga yang membuktikan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp satu ini bisa memberikan hasil penjualan produk menjadi lebih baik lagi.

Bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengelola bisnis bisa langsung saja mempercayakan kepada pihak Qontak.com.

Qontak.com adalah salah satu jenis jasa layanan yang sangat cocok dipergunakan oleh Anda yang ingin mengembangkan sebuah usaha atau perusahaan. Selain itu, untuk masalah harga juga tidak perlu diragukan lagi dan masih ramah dikantong.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai perihal Whatsapp API. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai aplikasi jenis Whatsapp tersebut. ***