Banjir Rendam Pemukiman Warga di Limusnunggal, BPBD Kabupaten Bogor Salahkan Drainase

Kondisi anjir di Limusnunggal, tepatnya di Kampung Bakom, RT05/05, Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Kamis (13/10) hingga setinggi betis orang dewasa. Foto/Rishad/Pojokbogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Banjir di Limusnunggal merendam Kampung Bakom, RT05/05, Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Kamis (13/10) hingga setinggi betis orang dewasa.


Banjir disebabkan meluapnya Kali Ciketing usai diguyur hujan lebat, Kamis sore.

“Hasil kaji cepat, sebagian jalan di lingkungan RT05/05 Desa Limusnunggal banjir dengan ketinggian sekitar 30 centimeter. Itu Kali Ciketing meluap karena hujan cukup deras dan lama, jadi airnya masuk ke pemukiman,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko.

BACA JUGA : Proses Evakuasi Longsor di Gang Barjo Terlalu Sulit, Petugas Hentikan Pencarian Tiga Orang yang Masih Tertimbun


Selain meluapnya banjir, drainase di kawasan itu juga tidak mampu menyalurkan air yang terlalu banyak, sehingga menyebabkan banjir di Limusnunggal. Namun, saat ini air mulai surut.

“Banjir di Limusnunggal karena drainase tidak dapat menampung air sehingga meluap dan tidak dapat dilakukan upaya penyedotan karena tidak ada pembuangan,” katanya.

(Rishad Noviansyah/Pojokbogor)