Pemkab Bogor Targetkan Bangun 86 Jembatan Rawayan hingga 2023

Pembangunan Jembatan Rawayan.

POJOKSATU.id, Bogor – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, menargetkan membangun 86 jembatan rawayan (jembatan gantung) hingga 2023, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.


Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika mengungkapkan, hingga 2021 telah terbangun 39 jembatan rawayan.

“Tahun 2022 ini, kami targetkan membangun 30 jembatan rawayan. Pembangunannya kami bekerja sama dengan Kodam III Siliwangi sejak awal,” kata Ajat, Rabu (5/10).

Baca Juga : Pemkab Bogor Wacanakan Buat Arena Akuatik di Stadion Pakansari, Butuh Anggaran Rp 600 Miliar


Ajat menjelaskan, jembatan rawayan untuk memudahkan masyarakat, yang selama ini mobilitasnya terhambat oleh aluran sungai, sehingga harus memutar untuk ke wilayah seberang.

“Seperti kemarin di Rumpin itu, kan jembatan menghubungkan Desa Mekarjaya, Kecamatan Rumpin dengan Desa Ciaruteun. Sebelumnya warga kalau mau menyebrang harus memutar atau menggunakan getek,” kata Ajat.

Memang, jembatan rawayan ini tidak dapat dilintasi kendaraan bermotor. Tapi, Ajat berharap jembatan ini dapat memudahkan warga, untuk beraktifitas, sehingga tidak perlu menggunakan getek dengan risiko lebih tinggi.

Sementara Pangdam III Siliwangi, Mayor Jendral Kunto Arief Wibowo menargetkan, pembangunan 30 jembatan rawayan pada 2022 rampung pada November. Namun, tetap harus memperhatikan kondisi cuaca.

“Saya yakini konstruksi dan nilai manfaatnya tinggi bagi desa-desa dan kecamatan, karena jembatannya cukup panjang, jadi maksimal 20 orang yang bisa melintas, agar beban ayun dan bobot terjaga dengan baik,” jelasnya. (Rishad Noviansyah/Pojoksatu)