Hore! Gedung Perpustakaan Kota Bogor Sudah Bisa Dipakai Akhir Tahun Ini, Intip Fasilitasnya Yuk

Wali Kota Bogor, Bima Arya saat melakukan peninjauan ke gedung perpustakan Kota Bogor, Selasa (04/10/2022). Foto/Adi/Pojokbogor

POJOKSATU.id BOGOR– Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto memastikan bahwa gedung perpustakan Kota Bogor yang berada di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor bisa digunakan pada akhir tahun ini.


Menurut Bima, saat ini revitalisasi pembangunan gedung perpustakan Kota Bogor yang menelan biaya kurang lebih Rp 10 miliar ini sudah mencapai 73 persen.

“Ini on the track dan ada deviasi positif 8 persen, saya cek langsung kualitasnya juga baik, tapi saya pastikan tadi bahwa buku-bukunya semua di maksimalkan untuk di isi dan ditambah,” kata Bima saat melakukan peninjauan ke gedung perpustakan Kota Bogor, Selasa (04/10/2022).

BACA JUGA : Keren Banget, Berikut 5 Fasilitas dan Layanan Perpustakaan Institut Tazkia


Kapasitas yang ada sekarang ini, lanjut Bima, cukup untuk menampung buku buku yang sudah ada, bahkan meminta terus ditambah.

“Koleksi-koleksi baru ditambahkan, saya minta nanti ada pojok HAM khusus ya. Jadi ada buku buku tentang HAM, bagaimana nanti bisa melakukan riset tentang HAM di perpustakaan ini. Alhamdulillah segala sesuatunya beberjalan dengan baik, dijadwalkan bulan Desember awal atau pertengahan Desember perpustakaan ini dapat di resmikan,” ungkapnya.

Kendati demikian, Bima mengaku gedung perpustakan Kota Bogor secara garis besar sama dengan perputakaan lainnya, hanya saja yang membedakan ada pojok bermain dan edukasi untuk anak-anak, literasi untuk anak-anak, kemudian ada juga ruang digital.

BACA JUGA : Sekda Parepare: Perpustakaan Terakreditasi Tunjang Kualitas Pendidikan 

“Ruang digital ini adalah ruang untuk belajar visual, digital dan ada auditorium, auditorium ini semacam bioskop mini untuk diskusi, untuk launching, untuk tamu-tamu akan melihat sejarahnya Kota Bogor dan masih ada satu lantai yang masih kami siapkan konsepnya dan untuk menjadi galeri Kota Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor, Agung Prihanto menambahkan untuk target rampung pembangunan 23 November 2022, kemudian Desember 2022 siap pakai sekaligus diresmikan.

“Gedung perpustakan Kota Bogorini ada tempat baca disetiap ruangan, bahkan untuk difabel juga ada. Kemudian ada auditorium, arena bermain anak-anak yang bersifat edukasi, nanti rencananya di sini kalau pak wali berkenan ada semacam galeri dan museum juga,” ujarnya.

BACA JUGA : 23 Lembaga Perpustakaan di Jabar Terima Sertifikasi Akreditasi Perpustakaan

“Artinya bisa dibuat pameran juga disini, makanya kami koordinasi dengan Disparbud Kota Bogor. Kalau buku pasti kalau semuanya belum ada, itukan tergantung penerbit, tiap tahun kan ada yang menulis dan mencetak buku. Makanya kami tiap tahun ada pengadaan buku untuk melengkapi koleksi. Jadi buku itu tidak statis, dinamis. Selain kami juga mencari buku-buku langka. Kaminmencari itu untuk koleksi,” sambungnya.

Agung berpendapat hadirnya gedung perpustakan Kota Bogor dengan konsep yang baru dapat sebagai upaya meningkatkan indeks literasi atau minat baca masyarakat.

(Adi Wirman)