Bima Arya Angkat Suara Anies Baswedan Diusung Partai NasDem jadi Capres 2024

Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto. Foto/Adi/Pojokbogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Bima Arya Sugiarto angkat suara terkait Anies Baswedan diusung Partai Nasdem sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 mendatang.


Menurut Bima, nama Anies Baswedan diusung Partai Nasdem adalah salah satu yang diusulkan oleh PAN dalam rapat kerja nasional (PAN) beberapa waktu lalu.

“Mas Anies ini salah satu dari 9 nama yang diusulkan oleh PAN di rakernas kemarin. Karena nama mas Anies ini ramai disebut di DPD dan DPW. Selain nama Erik Thohir dan Ganjar Pranowo,” kata Bima kepada pojoksatu.id ketika ditanya tentang Anies Baswedan diusung Partai Nasdem, Selasa (04/10/2022).

BACA JUGA : Diusung Nasdem, Pengamat Analisa Isu Anies Baswedan Bakal Dijegal KPK, Faktanya


Oleh karenanya, lanjut Bima, PAN sangat bisa paham kalau kemudian nama Anies diusulkan oleh nasdem dan itu tentu hak dari partai Nasdem.

Tetapi ini perjalannya masih sangat panjang, Nasdem membutuhkan dukungan dari partai lain.

“Kalau PAN sampai saat ini masih setia dan komitmen ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), jadi siapa nama yang akan muncul harus melalui kesepakatan bersama partai Golkar dan PPP,” ucap Bima yang juga menjabat sebagai Walikota Bogor.

BACA JUGA : Di Tengah Momentum Deklarasi Capres Anies Baswedan, Diam-diam Jokowi Temui Ganjar, Ada Apa ?

Bima juga menegaskan sejauh ini pembicaraan dengan Nasdem sudah terjadi, ketika KIB terbentuk.

Tetapi ketika nasdem kemudian Nasdem memunculkan nama Anies sebagai capres, saya kira ini satu hal yang harus disikapi oleh KIB.

“Mungkin saya KIB berbeda, kemungkinan besar KIB akan berbeda dengan Nasdem.Kita masih melihat banyak faktor lain seperti pak Prabowo maju lewat partai apa, wakilnya siapa, kemudian PDIP apakah jadi memunculkan Puan, mas Ganjar kemana? Jadi masih banyak variabel-variabel seperti itu. 2-3 bulan lagi akan lebih jelas,” tandas Bima.

BACA JUGA : Anies Baswedan Bakal Deklarasi Capres 2024, Demokrat Siap Genjot Habis-habisan

Seperti diketahui, PAnies Baswedan diusung Partai Nasdem sebagai calon presiden atau capres 2024 mendatang.

Hal itu langsung disampaikan Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, pada Senin, Oktober 2022.

“Kita jatuhkan pilihan kepada Anies sebgai capres NasDem, kami yakin,” kata Surya Paloh.

Ia meyakini bahwa mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mempunyai kredibel untuk memimpin Indonesia.

“Kami mempunyai keyakinan, baik secara makro dan mikro dengan apa yang Nasdem yakini. Kami titipkan bangsa ini,” tutur Surya Paloh ketika Anies Baswedan diusung Partai Nasdem.

(Adi Wirman)