Bappeda Kota Bogor Bakal Lakukan Perluasan, Siap-siap 19 Titik Wilayah Kabupaten Ganti Status ke Kota

Kepala Bappeda Kota Bogor, Rudy Mashudi. Foto/Adi/Pojoksatu

POJOKSATU.id, BOGOR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau Bappeda Kota Bogor terus mematangkan perencanaan dan pembangunan wilayah, salah satunya dengan merepon adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendari) Nomor 107 Tahun 2014.


Dimana dalam regulasi itu terdapat beberapa wilayah Kota Bogor yang masuk wilayah Kabupaten Bogor.

Kepala Bappeda Kota Bogor, Rudy Mashudi mengatakan bahwa ada 19 titik wilayah Kota Bogor yang masuk ke dalam Kabupaten Bogor.

“Berdasarkan arahan Kemendagri, hal itu bisa diselesaikan dengan berita acara bersama Kabupaten Bogor,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (04/10/2022).


BACA JUGA : Gelar Reses, DPRD Kota Bogor Serap Aspirasi Warga Pasca Kenaikan BBM

Menurut Rudy, Pemkot Bogor telah mengidentifikasi semua wilayah Kota Bogor, untuk dikomunikasikan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar permendagri batas wilayah itu dapat dievaluasi.

Rudy menyatakan bahwa Bappeda Kota Bogor telah meminta pendapat kepada 25 kelurahan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor.

“Ini akan didalami oleh tim teknis dan tim kajian Unpak,” katanya.

BACA JUGA : Pemkot Siapkan Penanganan Bencana Kota Bogor Sampai Rp49 Miliar

Rudy menuturkan bahwa wilayah Kota Bogor yang masuk ke dalam area kabupaten dalam permendagri tersebut diantaranya berada di kawasan Mulyaharja dan Rancamaya.

“Dalam Permendagrinya batasnya di dalam, tapi wilayah eksisting Kota Bogor justru masuk kabupaten,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, revisi permendagri harus dilakukan agar terdapat kesesuaian antara kondisi eksisting dengan rujukan administratif yang berada dalam peta dalam permendagri tersebut.

BACA JUGA : Kadin Kota Bogor dan Pemkot Sepakat Soal Pokir, Kini Kejari dan Polresta Ikut Terlibat

“Selama persyaratannya dipenuhi, termasuk kesepakatan kita dengan kabupaten, tak perlu setahun juga selesai revisi permendagrinya,” tandas Kepala Bappeda Kota Bogor, Rudy Mashudi.

(Adi Wirman)