IPB RUN 2022, Lari Sambil Tanam Pohon Langka

Event IPB RUN 10 K kampus IPB University di Dramaga Bogor pada Minggu (2/10).

POJOKSATU.id, Bogor – Ribuan pelari ambil bagian pada event IPB RUN 10 K pada Minggu (2/10/2022) pagi.


Event perdana kolaborasi Himpunan Alumni (HA) IPB dengan IPB University ini digelar kampus IPB University di Dramaga Bogor menyusuri rute yang menyegarkan mata para pelari karena disuguhi lahan hijau seperti perkebunan dan sungai.

“Untuk para runners fun have selamat menikmati pemandangan alam sekitar Kampus IPB University,” kaya Rektor IPB University, Arief Satria saat melepas peserta IPB RUN 2022.


Ketua HA IPB, Walneg S Jas mengatakan IPB Run 10 K ini diikuti alumni, mahasiswa, civitas akademika IPB, komunitas pelari se-Jabodetabek dan masyarakat umum.

Event yang disponsori oleh Bank Mandiri,BRI, Bank Syariah Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Muamalat, Bank Jabar Banten, dan PT Jamrindo, PT Cakrawala Tri Insantama ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalies IPB University ke 59 yang dibagi menjadi 2 kategori, yaitu IPB RUN 5K dan IPB RUN 10K.

“Lari kali ini sangat istimewa karena mengambil tema IPB Inspiring Run For The Earth. Jadi selesai lari akan dilanjutkan dengan menanam pohon,” jelas Walneg.

Usai berlari ratusan pelari menanam sebanyak 600 pohon di lingkungan kampus IPB University di Dramaga. Dimana dari 600 pohon tersebut 200 pohon diantaranya adalah pohon langka dan sisanya pohon buah buahan dan kayu.

Ke 200 pohon langka yang ditanam yakni Kecapi, Bisbul, Kemang, Rukem. Kuweni, Burahol, Manggis hutan , Sempur, Eboni, Ulin,bCendana, Damar/Agathis, Saninten, Cempaka putih, Merbau dan Gandaria.

“IPB RUN 2022 mengalokasi sebagian dari uang pendaftaran peserta untuk beasiswa bagi para mahasiswa/i IPB University, yang akan disalurkan kepada Badan Otonom HA IPB yaitu Yayasan Alumni IPB (YAPI),” kata Walneg.

Lebih lanjut Walneg mengatakan sudah dua tahap dalam penyaluran beasiswa yakni sebesar Rp800 juta. Donasi yang simboliskan dengan penanaman pohon dimana pohon ditanam oleh orang tua asuh dan akan di pelihara oleh anak asuh

“Kami berharap anak asuh yang sekarang diharapkan ke depan akan menjadi jadi ortu asuh dimasa mendatang,” kata Walneg.

IPB RUN 2022 ini yang merupakan rangkaian perayaan dies natalis IPB University ke 59 akan memperkuat komitmen untuk membantu meningkatkan eksposure IPB University, mendukung gaya hidup sehat, donasi beasiswa dan gerakan menyelamatkan bumi untuk generasi yang akan datang. (adv/pojoksatu)