Pelayanan Aminduk Inovatif dan Unggul

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor, Bambang Setiawwan, SH.

POJOKSATU.id, Bogor – Berdasarkan data konsolidasi bersih Kemendagri, jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada semester I Tahun 2022 tercatat sebanyak 5.385.219 orang dengan komposisi penduduk laki-laki sebanyak 2.755.805 orang (51,17 persen) dan penduduk perempuan sebanyak 2.629.414 orang (48,83 persen).


Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Bogor untuk terus memberikan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang terbaik dengan melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan inovasi melalui integrasi layanan berbasis aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Beberapa kegiatan dan layanan inovatif yang telah dilaksanakan dalam rangka menunjang percepatan kepemilikan dokumen kependudukan adalah sebagai berikut :

A. Bimbingan Teknis Pelayanan Pencatatan Sipil


Bimbingan Teknis Pelayanan Pencatatan Sipil.

Kegiatan bimbingan teknis dengan tema ‘Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil dan Buku Pokok Pemakaman’ telah dilaksanakan dan diikuti oleh peserta mulai dari operator SIAK di tingkat Kecamatan, UPT hingga Dinas serta petugas register desa. Materi yang dibahas dalam bimtek tersebut menekankan perihal penerapan buku pokok pemakaman pada tempat pemakaman untuk meningkatkan dan menertibkan pencatatan kematian di Kabupaten Bogor.

B. Bimbingan Teknis Pelayanan Pendaftaran Penduduk

Bimbingan Teknis Pelayanan Pendaftaran Penduduk.

Dengan mengusung tema “Optimalisasi Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Kabupaten Bogor”, bimbingan teknis pelayanan pendaftaran penduduk yang diikuti oleh seluruh operator SIAK Dinas, UPT dan Kecamatan dilaksanakan dalam rangka konsolidasi peraturan perundang-undangan terbaru yang terkait dengan administrasi kependudukan.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pembahasan terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan.

C. Pelayanan Terpadu bagi Penduduk Rentan Admnistrasi Kependudukan

Pelayanan Jemput Bola ke Yayasan Khusus Penyandang Disabilitas.

Pelayanan khusus diberikan bagi masyarakat rentan administrasi kependudukan salah satunya yaitu penyandang disabilitas di Yayasan Ramah Cerebral Palsy Bogor.

Tim Disdukcapil melakukan kegiatan pendataan kepemilikan dokumen kependudukan dan pelayanan secara terpadu administrasi kependudukan.

D. Pelayanan Jemput Bola Dinas dan UPT pada Program BOLING

Pelayanan Jemput Bola pada Program BOLING.

Dalam rangka mendukung suksesnya program pemerintah melalui Bogor Keliling (BOLING), Disdukcapil ikut serta memberikan pelayanan secara terpadu untuk pencatatan kelahiran, pencatatan kematian, perekaman KTP-el dan perubahan biodata penduduk atau kartu keluarga.

E. Inovasi Pelayanan PELUK SAMAWA bekerjasama dengan Kementerian Agama dan KUA

Inovasi Pelayanan PELUK SAMAWA.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor melalui Kantor Urusan Agama berinovasi dalam pelayanan terintegrasi pencatatan pernikahan yang diberi nama PELUK SAMAWA (Pelayanan Kependudukan Sapa Melayani Warga).

Melalui inovasi ini, masyarakat yang melakukan pernikahan akan langsung mendapatkan dokumen kependudukan dengan data yang sudah diperbaharui. (adv/pojoksatu)