FALP 2022, Cara HA IPB Jaring Calon Pemimpin Masa Depan

Acara press conference secara hybrid di Gedung Alumni IPB di Bogor, Jumat (23/09).

POJOKSATU.id, Bogor – Himpunan Alumni IPB (HA IPB) menjaring para calon pemimpin negeri ini melalui program Future Agile Leader Program (FALP) 2022.


Tahun ini FALP merupakan tahun kedua HA IPB dalam ikut serta membangun bangsa melalui program dengan tujuan pemimpin melahirkan pemimpin

“Melalui program ini, anak muda kita bekali skill dan soft skill dengan meningkatkan meningkatkan kapasitas kepemimpinan para ketua organisasi/ekstrakurikuler pada tingkat SMA/Sederajat dari seluruh Indonesia,” kata Sekretaris HA IPB, Sukma Kamanjaya pada acara press conference secara hybrid di Gedung Alumni IPB di Bogor, Jumat (23/09/2022) pagi.


Baca Juga : Penemu 5 Kandungan Daun Singkong Raih Gelar Doktor di IPB

Ketua FALP 20222, Ageiliana Tri Pamilih mengatakan tahun ini ditargetkan 5000 pelajar SMA sederajat dari unsur pimpinan OSIS atau pimpinan ekskul dari seluruh Indonesia ikut serta dalam program ini.

Rangkaian kegiatan yang akan dimulai pada Oktober hingga Desember 2022 terdiri dar Seminar Series, Mentoring, Social Program Incubator dan Leadership Camp di IPB University.

Rangkaian seminar series tahun ini akan menghadirkan pembicara-pembicara luar biasa yang merupakan alumni dari IPB University.

“Dari 5000 siswa yang ikut webinar series akan dijaring 500 siswa untuk ikut serta program mentoring dengan melakukan social project untuk kemudian dipilih 50 siswa untuk mengikuti leadership camp pada 25-27 November mendatang di Bogor. Dan saat Leadership Camp akan dipilih 10 peserta terbaik dan mereka berhak mendapatkan free pass masuk IPB tanpa tes,” jelas Ageiliana.

Menariknya, apabila dari 10 peserta terbaik yang diterima di IPB itu ada yang tidak mampu secara ekonomi maka ia akan mendapatkan beasiswa dari Yayasan Alumni Peduli IPB(YAPI).

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Umum YAPI, Jamil Azzaini yang hadir dalam acara Press Conference bersama Ketua Bidang Mentor Leader HA IPB, Abi Erik.

“YAPI siap memberikan beasiswa kepada mereka yang tidak mampu dan kemudian kami gembleng untuk menjadi seorang leader, jadi sangat cocok dan berkesinambungan apabila YAPI memberikan beasiswa kepada mereka yang berasal dari program FALP,” jelas Jamil

Lebih lanjut Jamil mengatakan bahwa 10 peserta terbaik, jika mereka berasal dari jurusan IPA bisa masuk ke semua jurusan program S1 yang ada di IPB. Sedangkan kalau yang berasal dari jurusan IPS atau SMK bisa masuk ke program Vokasi maupun Sarjana Terapan (D4).

Sementara itu Wakil Rektor III bidang kerjasama dan sistem informasi, Dodik Ridho Nurrochmat menyebutkan FALP merupakan program unggul HA IPB untuk leadership siswa SMA dipersiapkan secara dini.

Dalam program ini para peserta akan diajarkan prinsip prinsip dasar kepemimpinan. Dan hasil akhirnya adalah Free Pass bagi 10 siswa terbaik untuk masuk IPB tanpa tes. (dea/pojoksatu)