Detik-detik Sidang Vonis Tangis Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin Pecah

Suasana sidang vonis Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/9/2022). Foto/IST

POJOKSATU.id, BOGOR – Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin menjalani sidang putusan dugaan suap terhadap pegawai BPK RI Perwakilan Jabar di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/9/2022).


Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin menangis dalam sidang itu.

Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin hadir secara daring, Jumat (23/9/2022).


Dilihat di layar monitor, Ade yasin, yang mengenakan pakaian batik dan jilbab berwarna kuning, didampingi dua orang anggota tim pengacara.

BACA JUGA : Sidang Vonis Ade Yasin Dipadati Sejumlah Pendukung, Hak Politiknya Terancam Dicabut

Sebelum membacakan putusan, ketua majelis hakim Herakartiningsih menanyakan kabar dan kesehatan Ade Yasin. “Sehat, Bu,” tanya Herakartiningsih.

“Alhamdulillah sehat, Yang Mulia,” jawab Ade Yasin.

Saat mendengarkan putusannya, di layar monitor Ade tampak menangis dan menghapus air mata yang keluar dari matanya. Sesekali, dua orang pengacara yang mendampingi menenangkan Ade Yasin.

BACA JUGA : Jelang Sidang Vonis Ade Yasin Bebas, Kepala Desa Ramai-ramai Berikan Testimoni, Singgung Soal Honor RT dan RW

Pembacaan putusan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan hingga pukul 11.40 WIB pembacaan putusan belum selesai. Pembacaan putusan diskors sementara dan dilanjutkan kembali sekitar pukul 13.00 WIB.

Kuasa Hukum Ade Yasin, Dinalara ButarButar sebelumnya meyakini majelis hakim akan objektif saat memberikan putusan dalam sidang vonis Ade Yasin.

Pasalnya, tiga terdakwa pegawai Pemkab Bogor pun sudah mengaku di persidangan bahwa tidak mendapat perintah dari Ade Yasin dalam melakukan dugaan suap.

BACA JUGA : Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin Dituntut 3 Tahun Penjara oleh Jaksa KPK

Ia menyebutkan, tim penasehat hukum Ade Yasin dengan tegas akan melakukan upaya hukum lainnya jika hakim memutuskan kliennya bersalah meski hanya dengan menjatuhkan hukuman kurungan satu hari.

“Terdakwa dituntut satu hari pun kami akan tetap melakukan pembelaan upaya hukum, karena terdakwa tidak bersalah, dan terdakwa bukanlah pelaku tindak pidana korupsi,” kata Dinalara yang merupakan Direktur LBH Bara JB (Barisan Relawan Jalan Perubahan).

Selama persidangan tidak ada satu alat bukti pun yang dimiliki jaksa untuk membuktikan keterlibatan Ade Yasin. Pasalnya, Ade Yasin tidak terjaring operasi tangkap tangan (OTT), melainkan dijemput di kediaman untuk dimintai keterangan atas penangkapan beberapa pegawai Pemkab Bogor.

Sidang vonis Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin, atas dugaan suap terhadap auditor BPK Perwakilan Jawa Barat di Pengadilan Tipikor Bandung akan dilakukan hari ini, Jumat (22/9). (Ipe)