Hujan Deras Sebabkan Kota Bogor Dilanda Banjir dan Longsor, Ada Enam Titik yang Terdampak

Ilustrasi/IST

POJOKSATU.id, BOGOR – Hujan deras di wilayah Bogor dan sekitarnya dengan durasi cukup lama pada Minggu (11/9/2022), mengakibatkan sejumlah titik di Kota Bogor dilanda banjir.


Hujan deras di wilayah Bogor membuat sejumlah titik di Kota Bogor dilanda banjir dan tanah longsor.

Hujan deras juga mengakibatkan pada banjirnya pada ruas Jalan Kapten Yusuf, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Banjir yang merendam jalanan tersebut membuat sejumlah pengendara terpaksa harus menghentikan sementara perjalanannya dikarenakan ruas jalan tersebut tertutup oleh genangan air.


Salah satu pengendara yang juga warga dari Desa Tamansari, Kabupaten Bogor, Alaina Laire mengatakan bahwa saat dirinya melintas, jalanan tersebut tampak sudah dibanjiri oleh air.

BACA JUGA : Banjir Bogor, 2 Warga Terseret Banjir Bandang Jasinga dan Longsor

“Saya neduh ini gak bisa lewat, banyak yang mogok juga kendaraan-kendaraan,” ucapnya, Minggu (11/9/2022).

Menurutnya, pada ruas jalanan tersebut merupakan langganan banjir bila setiap hujan besar mengguyur.

Pada Jalan Kapten Yusuf ini yang tergendang oleh banjir, tepatnya berada di dekat Lapangan Sakura, Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

BACA JUGA : Nyangkut di Pohon Rambutan, Suami Korban Banjir Bogor Selamat

Alaina Laire mengatakan bahwa dengan situasi jalanan yang tergenang oleh air ini, membuat para pengendara banyak yang memilih untuk berhenti di pinggir jalan.

“Pada minggir kendaraan-kendaraan juga kalo airnya naik ke jalan gitu,” katanya.

Seringkalinya banjir di Jalan Kapten Yusuf ini dikarenakan saluran air pada sepanjang jalanan itu tertutup oleh akses jalan untuk pertokoan pada wilayah tersebut.

BACA JUGA : Video Detik-detik Banjir Bogor Terjang SMAN 2, Ibu dan Anak Meninggal

Selain itu, dengan kondisi jalanan yang banjir banyak juga pengendara-pengendara yang nekat melintas jalanan.

Banjirnya Jalan Kapten Yusuf ini setinggi betis orang dewasa.

Ia berharap dengan kondisi ruas Jalan Kapten Yusuf yabg kerap kali menjadi titik banjir ketika hujan lebat ini agar segera dibenahi.

“Laporan sementara Kota Bogor dilanda banjir lintasan 4 titik dan tanah longsor 2 titik usai hujan deras di wilayah Bogor,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilio Patrocinio Freitas.

Teo mengungkapkan Kota Bogor dilanda banjir lintasan terjadi di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan dan di wilayah Gang Kosasih, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan.

“Juga ada di wilayah RT 01 RW 01, Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat dan di Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah,” katanya.

Sedangkan longsor terjadi di wilayah Kampung Jaya Sari, Kecamatan Bogor Selatan dan di Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat.

“Anggota masih asesmen di lokasi Kota Bogor dilanda banjir dan longsor tersebut,” kata Teo.

 (Ipe)