Hujan Deras Melanda Kota Bogor Sepanjang Malam, 11 Rumah Terdampak Banjir Lintasan dan Tanah Longsor

Bencana alam di kawasan Kampung Margabhakti RT 01 RW 02, Kelurahan Kertamaya, Kota Bogor, Minggu (21/08) malam.

POJOKBOGOR.com– Bencana alam kembali terjadi di Kota Bogor pada Minggu (21/08/2022) malam. Kali ini bencana terjadi di kawasan Kampung Margabhakti RT 01 RW 02, Kelurahan Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.


Beruntung tidak ada korban jiwa dari bencana alam tersebut. Namun 11 rumah milik warga terdampak dari bencana tersebut. Dan hingga kini para warga yang terdampak diungsikan ke rumah tetangga.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofillo mengatakan bahwa sepanjang malam telah terjadi hujan deras yang mengakibatkan banjir lintasan dan tanah longsor.

Baca Juga : Soal Penghapusan Tenaga Honorer Tahun Depan, Apeksi Minta Waktu untuk Transisi


Banjir lintasan dan tanah longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas deras yang mengguyur diwilayah tersebut sehingga meluapnya saluran aliran drainase yang berada disekitar lokasi.

“Kejadian ini menyebabkan banjir lintasan setinggi 25 cm – 30 cm sehingga menggenangi sekitar 11 rumah warga sekitar,” ujar Theo kepada pojokbogor.com, Senin (22/08/2022).

Dampak dari terjadinya banjir lintasan, lanjut Theo, membuat terjadinya kejadian tanah longsor dengan panjang 12 meter dan tinggi 8 meter sehingga mengancam keberadaan beberapa rumah warga yang berada dibawah lokasi tanah longsor.

Kejadian tanah longsor juga membuat tiang penerangan jalan milik PJU Kota Bogor terbawa material longsoran.

“Kondisi saat ini Assessment sudah selesai dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor dilokasi kejadian. Saat ini, kondisi air yang sempat menggenangi rumah warga sudah mulai surut,” tandasnya. (adi/pojokbogor)