DLH Kota Bogor Bakal Buat Video Sosialisasi Sampah, Ongkos Buatnya Sampai Seharga Mobil

Kepala DLH Kota Bogor Denni Wismanto. Foto/IST

POJOKSATU.id, BOGOR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor berencana bakal buat video sosialisasi sampah. Tak tanggung-tanggung biaya untuk pembuatannya mencapai Rp100 Juta.


Kepala DLH Kota Bogor Denni Wismanto menjelaskan bahwa pembuatan video sosialisasi sampah akan dilakukan dalam kurun waktu dua sampai 3 bulan dengan konsep yang berbeda

“Saat ini belum proses pembuatan video sosialisasi sampah, tapi kita targetkan tahun ini selesai,” katanya kepada pojokbogor saat ditemui di kantornya belum lama ini.


Deni menjelaskan, pembuatan video profil akan dibuat tiga konsep salsk video sosialisai di tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TP3SR) berupa animasi.

Kemudian, lanjut dia, video menjelaskan secara teknis bagaimana dari awal pengambilan sampah hingga cara pengolahannya.

BACA JUGA : Sekda Jabar Dorong Efektivitas Digitalisasi Pengelolaan Sampah  

“Intinya kita mengenalkan kepada masyarakat untuk mengedukasi. Mulai dari pilah kemudian olah sampah mulai dari sumbernya,” jelas dia.

Dia juga berharap, dengan dibuatkannya video sosialisasi sampah, nantinya mampu menyentuh dan berbagai lapisan masyarakat.

BACA JUGA : Gak Nanggung-Nanggung 150 Ton Sampah Diangkut dari Sungai Cikarang Hilir

Sehingga, sambung dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bisa dengan mudah mengedukasi ke masyarakat.

“Jadi harapannya adalah video sosialisasi sampah ini bisa bagian dari edukasi tadi,” tandasnya.

BACA JUGA : Banyak Limbah Rumah Tangga di Sumber Air Baku, Perumda Tirta Pakuan Olah Sampah Jadi Kompos

Diketahui, beberapa tahun belakangan, Pemkot Bogor sudah memberlakukan kebijakan larangan pengurangan sampah plastik dengan program Pasar Bebas Plastik di pasar tradisional atau pasar rakyat di Kota Bogor.

Sebelumnya, kebijakan ini diterapkan di toko ritel modern dan pusat perbelanjaan yang diatur dalam Perwali Nomor 61 Tahun 2018.

Baru-baru ini, Pemkot Bogor juga bekerja sama dengan perusahaan operator seluler membuat terobosan dalam mengurangi sampah botol plastik dengan menukarnya menjadi pulsa.

Disamping itu, Kota Bogor memiliki model dalam penanganan sampah hingga unit terkecil, yakni RT dan RW yang menjadi ujung tombak.

Dan tak lama lagi, Pemkot Bogor bakal memiliki video sosialisasi sampah.

(adi/pojokbogor)