Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Tinjau Lokasi Banjir di Cibinong

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, KH Agus Salim saat tinjau banjir di Cibinong
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, KH Agus Salim saat tinjau banjir di Cibinong./Foto: Istimewa

POJOKSATU.id, BOGOR– Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, KH Agus Salim meninjau langsung titik banjir yang menggenangi tiga perumahan di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa, 16 Agustus 2022.


Salah satu solusi yang ditawarkan dari kondisi banjir itu, yakni membongkar saluran irigasi di sekitar lokasi.

Politisi PKS itu mengungkapkan, banjir sudah berulang kali terjadi di kawasan ini.


Sehingga, katanya, perlu ada solusi nyata agar tidak merugikan warga, terutama saat musim penghujan seperti saat ini.

“Semalam ‘kan hujan. Air naik lagi hingga merendam pemukiman warga. Ternyata banjir ini dari Rabu pekan lalu sudah terjadi. Jadi ini harus ada solusi konkret untuk menanggulanginya,” kata KH Agus Salim.

Menurutnya, solusi paling paling mungkin dilakukan yakni membongkar irigasi di bawah Jalan Tegar Beriman, agar air dari pemukiman warga dapat mengali ke Situ Kabantenan yang ada di seberang lokasi pembangunan Hotel Sayaga Wisata.

Baca: Tiga Perumahan di Cibinong Banjir, Diduga Sebab Pembangunan Hotel Sayaga Wisata

“Solusi yang mungkin dapat dilakukan bisa dengan membongkar saluran irigasi di bawah Jalan Tegar Beriman di depan Hotel Sayaga. Khususnya yang di bawah taman jalan,” kata dia.

Sebelumnya, tiga perumahan di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, terencam banjir sejak Senin 15 Agustus 2022 malam hingga Selasa, 16 Agustus 2922 siang.

Pembangunan Hotel Sayaga Wisata ditengarai menjadi salah satu penyebab banjir tersebut.

Baca: Banjir Bogor, 2 Warga Terseret Banjir Bandang Jasinga dan Longsor

Wakil Ketua RT05/09 Perumahan Mutiara Hijau Residence, Ali mengakui bahwa sejak ada pembangunan Hotel Sayaga Wisata milik BUMD Kabupaten Bogor PT. Sayaga Wisata, banjir kerap menjadi momok warga setiap datang musim penghujan.

“Pokoknya sejak ada pembangunan hotel itu yang ada di dekat pintu masuk perumahan, sudah enam kali kejadian. Saya tinggal disini sudah 12 tahun. Sebelumnya nggak pernah banjir. Bulan ini saja sudah tiga kali banjir,” kata Ali, Selasa (16/8).

Ali berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengambil langkah konkret untuk menanggulangi masalah warga ini.

Baca: Banjir Bogor Belum Tiba, Ribuan Warga Jakarta Sudah Dikepung Banjir

“Kami mohon pejabat pada turun lihat kondisinya. Harapannya sudah tidak banjir lagi. Kami kan beli rumah di sini tidak murah,” kata dia.

Sementara Camat Cibinong, Rusliandy mengungkapkan banjir terjadi karena ada penyumbatan pada gorong-gorong tepat di samping pembangunan Hotel Sayaga Wisata.

Saat ini, penyumbatan tersebut sedang ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Jadi ada gorong-gorong tersumbat. Ada sampah sama ada juga dari material pembangunan hotel itu. Ini sedang dibersihkan. Karena kondisi sudah mendung lagi dikhawatirkan banjir menjadi berkepanjangan,” kata Rusliandy.

Diketahui, banjir setinggi lutut orang dewasa itu, menggenangi perumahan Nirwana Golden Park, Mutiawa Hijau Residence dan Grand Cibinong. Hingga kini, banjir masih menggenang meski mulai surut. (cek/pojokbogor)