Sang Hyun Jo, dari Pemandu Wisata Jadi Konten TikTok, Rindu Kembali Ke Bogor

Sang Hyun Jo (상현조)
Sang Hyun Jo (상현조)/Foto: Istimewa (Sang Hyun Jo)

POJOKSATU.id, BOGOR– Sang Hyun Jo (상현조) menyatakan kerinduannya ingin kembali lagi ke wilayah Bogor, Indonesia.


Jo, panggilan akrab dari Sang Hyun Jo (상현조) pria asli Korea Selatan ini, mengaku memiliki pengalaman mengasyikkan saat diajak teman baru dari Bogor saat dia bekerja jadi pemandu wisata.

“Keluarganya ada di Bogor, terus ajak saya makan sate, rasanya gak hafal nama makanannya. Tapi emang indah sekali (Bogor, red). Ada hutan, di dalam hutan, pohon-pohon. Makannya enak, orangnya ramah, dan emang mau lagi ke Bogor,” kata Sang Hyun Jo (상현조).


Dan menjelang HUT RI Ke-77 ini serta tepat hari HUT Korea Selatan pada tanggal 15 Agustus ini, ia berharap antara Indonesia dan Korea Selatan memiliki hubungan yang lebih bagus lagi.

“Dan kalau di antara warganya (Korsel dan Indo, red) lebih akrab lagi bagus, ‘kan?,” katanya.

Menurutnya, jika sudah ada saling suka dan hubungan semakin baik, maka pekerjaan baru pun akan semakin bermunculan.

Baca: Pengalaman Reisha Prasasti, WNI Nikah Dengan Oppa, Serba Cepat di Korea Selatan

“Sekarang hubungan Indonesia dan Koreanya lumayan aja, gak terlalu dekat, gak terlalu jauh. Terus orang Indonesia suka kpop sama drama aja, gitu,” katanya.

Tetapi, katanya, orang Korea kurang begitu tahu tentang Indonesia.

“Emang teman-temanku juga banyak yang gak tahu tentang Jakarta, cuma tahunya Bali aja. Maunya orang Korea tahu Indonesia. Tapi jauh juga, tiket pesawatnya mahal, terus jalannya juga, gitu,” katanya.

Sang Hyun Jo (상현조)
Sang Hyun Jo (상현조)./Foto: Istimewa (Sang Hyun Jo)

 

Jadi Inspirasi Konten Beda Indonesia dan Korea Selatan

Keseharian oppa Korea Selatan yang belum menikah ini adalah menjadi pemandu wisata bagi wisatawan asal negara Indonesia.

Saat bekerja, oppa Korea Selatan yang menjadi kakak kandung dari 1 adik ini mengaku kerap mendapatkan pertanyaan sama yang terus berulang seputar Indonesia dan Korea Selatan.

“Aku kerja pemandu, sering ketemu orang Indonesia, dan pertanyaan kurang lebih sama,” tegas oppa Korea yang suka gym dan bersepeda ini.

Baca: Korean Garlic Cheese Bread, Jajanan Korea Selatan yang Lagi Hits Banget

Pertanyaan yang kurang lebih sama itu, diakui oppa Korea ini, menjadi inspirasi membuat konten-konten di aplikasi TikTok melalui akun TikTok @jo.sanghyun terkait perbedaan budaya di Indonesia dan Korea Selatan.

“Ada tiga video yang viral di antara lainnya,” kata oppa Korea yang kerap disebut warganet mirip artis Korea Selatan ini.

Tiga video itu, kata pria ini, seperti tentang perbedaan aktivitas di awal pagi hari, lalu tentang perbedaan sapaan saat di jalan, dan perbedaan saat naik taksi dari bandara.

Baca: 7 Bumbu Utama yang Selalu Ada di Masakan Korea Selatan, Pantesan Enak-enak!

Sejauh ini, ia mengaku sangat menyukai dengan semua tentang Indonesia, karena orang Indonesia sangat ramah dan baik sekali.

“Kalau soal servis kerja, mereka bagus sekali. Kalau dibandingkan dengan orang Jepang mereka baik-baik dan layanan juga oke, tapi susah jadi dekat. Singapura juga begitu. Karena itu saya pilih mau belajar Bahasa Indonesia juga,” bebernya.

Dan sebelum akhirnya ia memilih Indonesia untuk didalami, ia sudah banyak mencari tahu berbagai negara.

“Di Korea lagi booming, bukan lagi booming, dari dulu di Korea dari SMP SMA okelah Bahasa Korea harus bisa, terus Bahasa Inggris. Bahasa ketiganya kebanyakan pilih China,” jelasnya.

Menurutnya, sudah terlalu banyak orang belajar Bahasa China, dan persaingan meningkat.

Sang Hyun Jo (상현조)
Sang Hyun Jo (상현조)./Foto: Istimewa (Sang Hyun Jo)

 

Selain itu, orang-orang China juga banyak yang tinggal di Korea Selatan.

“Ya udahlah, aku pikir gak usah China aja. Indonesia potensinya banyak, pemerintahnya juga lagi banyak ke Indonesia,’kan?,” ujarnya.

Ia mengaku pernah bekerja di sebuah perusahaan di daerah Cikarang.

Saat ini, katanya, Indonesia sedang gempar di seluruh dunia, ekonomi juga lagi maju-majunya.

“Pas belajar di sana orangnya juga baik, makanannya cocok, kebetulan juga suka. Karena itu saya buka TikTok, sampe sekarang main (interaksi dengan orang-orang Indonesia, red),” bebernya.

Karena sering berinteraksi dengan bermacam-macam orang Indonesia di dalam pekerjaan di dunia nyata dan di TikTok, ada saja orang yang menyebutnya mirip dengan artis Korea.

“Itu nggak tau. Mereka temen-temen di TikTok omongannya gitu. Aku pikir, ya, gitu, aja. Gitu,” katanya.

Selain banyak teman online dari Indonesia, dia juga sempat mengaku heran mengapa sampai saudaranya sendiri pun ikut menyukai belajar Bahasa Indonesia.

“Aku juga nggak tahu,” katanya.

Waspada Scammer

JoKo (Jo Korea, red), panggilan akrabnya, mengakui bahwa di negara manapun, termasuk Korea Selatan, ada jahat orang jahat, termasuk para scammer.

“Harus hati-hati. Scammer-nya harus jadi baik,” kata pria kelahiran 1987 ini.

Menurutnya, di Korea saja ada penipu. Tetapi di Korea Selatan banyak CCTV.

“Jangan cepet percaya kalau ada yang ajak naik taksi, harus pakai argo. Kalau belanja harus ada harganya, tertera,” katanya.

Namun, katanya, sejauh ia berhubungan dengan orang negara luar, khususnya Indonesia, ada beberapa hal yang ia petik selama interaksi dengan orang Indonesia.

Menurutnya, orang Indonesia lebih memiliki rasa ingin tahu daripada orang Korea.

“Seperti ditanya sudah nikah nggak, umur berapa. Kalau orang Korea sendiri agak jarang, karena itu privasi. Tapi, aku suka,” aku pria yang memiliki tinggi 172 cm ini.(mar/pojoksatu)