HUT Ke-4, Bawaslu Kabupaten Bogor Gelar Lomba Terkait Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Kabupaten Bogor
Bawaslu Kabupaten Bogor menggelar lomba poster dan video pendek Pengawasan Pemilu 2024. Lomba ini sekaligus untuk memperingati HUT ke-4 Bawaslu Kabupaten Bogor. Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah menjelaskan, kompetisi lomba video pendek./Foto: Rishad

POJOKSATU.id, BOGOR– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor menggelar lomba poster dan video pendek Pengawasan Pemilu 2024. Lomba ini sekaligus untuk memperingati HUT ke-4 Bawaslu Kabupaten Bogor.


Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah menjelaskan, kompetisi lomba video pendek, Bawaslu Kabupaten Bogor mengangkat tema ‘Peran Masyarakat untuk Terlibat Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu’.

Video yang dikirim harus berdurasi maksimal dua menit.


Untuk materi konten, Irvan menjelaskan, video harus menunjukkan potret atau realita di lapangan atas pelaksanaan tugas lembaga pengawas pemilu atau kondisi pelaksanaan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil).

Narasi yang digunakan juga harus jelas dan tidak menggunakan kata-kata yang terlalu kompleks sehingga mudah dimengerti masyarakat umum.

Perserta diizinkan menggunakan kata yang lebih dinamis seperti kata-kata gaul, idiom, peribahasa, pantun atau lainnya yang tidak mengandung SARA, pornografi, radikalisme, kekerasan atau nilai yang melanggar aturan, hukum dan norma yang berlaku.

Baca: Dorong Partisipasi Politik Jelang Pemilu 2024, Ketum HMI Karawang : Momentum Pemilu Bakal Mengalami Pembaikan dari Waktu ke Waktu

Sementara, untuk penggunaan bahasa daerah dan isyarat harus memberikan teks terjemahan dalam video.

“Penilaiannya berupa materi konten, narasi, teknik alur pengambilan video dan editing, kreativitas dan atensi terhadap karya (like dan komen),” ujar Irvan, Senin (8/8).

Senada, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Naotalia Apapyo menjelaskan, selain lomba video pendek, pihaknya juga menggelar kompetisi poster. Tema yang diambil yakni ‘Ayo Awasi Pemilu 2024’.

Ini Permintaan 7 Rektor Bogor ke KPU dan Bawaslu

Kedua kompetisi tersebut dibuka sejak 2 Agustus lalu. Sementara deadline penyerahan karya kedua kompetisi tersebut paling lambat 10 Agustus mendatang.

Untuk kompetisi lomba video, karya bisa dikirim dengan format MP4 melalui email humasbogorkab@gmail.com. Sementara karya poster bisa dikirim ke alamat yang sama dengan format PNG menggunakan kertas ukuran A3.

“Bagi masyarakat yang mau ikut, bisa mengakses informasi lengkapnya di akun Instagram @bawaslukabbogor. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 14 Agustus 2022 saat puncak HUT ke-4 Bawaslu Kabupaten Bogor,” tandas Nao.(cek/pojokbogor)