Tirta Pakuan Kota Bogor Bakal Tambah Kapasitas Air SPAM Katulampa Jadi 600 Liter Per Detik

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf. Foto/IST

POJOKSATU.id, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor berencana akan meningkatkan produksi air pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa.


Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogo Ardani Yusuf mengatakan, rencana peningkatan kapasitas produksi air di SPAM Katulampa sebagai antisipatif terkait permasalahan air baku yang bersumber dari sungai Cisadane.

“Intinya kalaupun ada masalah yang ada di sungai Cisadane, setidaknya bisa dibantu oleh sungai Ciliwung. Itu yang Tirta Pakuan Kota Bogor lakukan untuk mengantisipasi terkait permasalahan (air baku) dari sungai,” kata Ardani.


Seperti diketahui, SPAM Katulampa Kota Bogor memanfaatkan sumber air baku dari sungai Ciliwung dengan kapasitas produksi air mencapai 300 liter per detik.

BACA JUGA : Geber Pengembangan Bisnis, Tirta Pakuan Lakukan Mutasi Pegawai dan Kukuhkan SOTK Baru

Nantinya, SPAM Katulampa Kota Bogor diproyeksikan akan memiliki kapasitas produksi air 600 liter per detik.

Ardani mengatakan, pihaknya sudah mengajukan bantuan hibah dari pemerintah pusat untuk pembangunan SPAM Katulampa Kota Bogor tahap dua.

BACA JUGA : Dirum Tirta Pakuan Terima Penghargaan Peringkat Ketiga Nasional Debitur Terbaik Kemenkeu

“Kita sedang ajukan ke pusat melalui bantuan APBN tahap dua untuk menambah lagi 300 liter per detik, sehingga menjadi 600 liter per detik,” paparnya.

Bahkan pihaknya juga telah mendorong Kementerian PUPR agar program peningkatan kapasitas produksi air SPAM Katulampa Kota Bogor dapat terealisasi paling tidak pada 2023 mendatang.

BACA JUGA : Pemkot Bogor Gelar Seleksi Pimpinan Perumda Tirta Pakuan, Ini Syaratnya..

“Ini sudah kita dorong ke pihak kementerian, sudah dibahas kemarin dan kita sudah mengirimkan beberapa desain untuk tahap dua, mudah-mudahaan tidak ada perubahan tahun 2023 bisa terlaksana,” ungkapnya.