Akhir Tahun Ini, Kota Bogor Bakal Miliki Dua JPO Megah dan Instagramable

Salah satu gambaran jembatan penyebrangan orang (JPO) yang bakal dibangun di kawasan Jambu Dua, Kota Bogor. Foto/IST

POJOKSATU.id, BOGOR– Jembatan ikonik nan megah bakal hadir di Kota Bogor. Dua jembatan penyebarangan orang (JPO) mulai dibangun awal Agustus 2022 ini dan selesai pada akhir tahun.


Kepala Dishub Kota Bogor Eko Prabowo menerangkan, kedua JPO ikonik itu dibangun di Jalan Warung Jambu dan depan Masjid Raya.

Di Warung Jambu, jembatan ikonik itu bakal dibangun tepat di lampu merah di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.


Pembangunan JPO ini sudah lama direncanakan. Tapi, baru bisa terlealisasi pertengahan tahun ini.

BACA JUGA : Nyanyikan Lagu “Bongkar” di JPO, Sindiran Tajam Buat PKS

Mengapa dua jembatan ikonik itu dibangun di dua titik tersebut? Dipilihnya kedua lokasi itu karena memiliki kepadatan arus lalu lintas tinggi dan dibutuhkan bagi pelayanan masyarakat.

“Pembangunan JPO ini merupakan CSR dari pihak swasta. Ketika Pemkot Bogor membutuhkan JPO, pihak ketiga siap membangunnya. Semua perijinan JPO sudah selesai ke pusat karena terletak di jalan raya. Jalan Nasional,” jelasnya.

BACA JUGA : 7 JPO di Atas Tol Jakarta-Cikampek Ini di Bawah Pengamanan Petugas, Waspada Teror Batu

Terkait konsep tersebut, lanjut Eko, JPO akan memanfaatkan konsep modern heritage dengan mengadaptasi kearifan lokal Kota Bogor.

Awalnya JPO akan memiliki elevator, namun tidak terlaksana karena mahalnya biaya perawatan elevator, namun tetap akan dibangun dengan megah dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat di Jakarta.

“Bangunan di bawahnya beton dan konsepnya warisan modern. Dekorasi JPO juga terlihat cantik sesuai dengan desain kontraktor sehingga nantinya bisa menjadi subjek lokasi selfie komunitas. Pembangunan ditargetkan 3 bulan atau di Akhir tahun 2022 akan selesai dan tersedia untuk masyarakat,” ujarnya.

Tentu dalam perkembangannya berimplikasi pada kepadatan lalu lintas. Namun, ini diharapkan selama pekerjaan berlangsung.

“Minggu depan konstruksi tiang panjang beton sudah dimulai, dan pemasangan JPO akan dilakukan pada malam hari. Selama masa konstruksi, pekerjaan lalu lintas dapat dilakukan untuk memfasilitasi pembangunan JPO. Mudah-mudahan pembangunan JPO akan berjalan lancar dan setelah JPO selesai tentunya diharapkan akan mengurangi kepadatan lalu lintas di daerah tersebut. Jalan-jalan,” pungkasnya.