1.500 SD Negeri di Kabupaten Bogor Baru 32 yang Terapkan Kurikulum Merdeka

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Foto/HumasPemkab

POJOKBOGOR.com – Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut dari 1.542 SD Negeri Kabupaten Bogor, baru 32 diantaranya menerapkan Kurikulum Merdeka.


Sementara dari 88 SMP Negeri baru 88 menerapkan kurikulum tersebut.

Iwan menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun berkomitmen mendorong Kurikulum Merdeka ini diterapkan di seluruh sekolah di Kabupaten Bogor.

“Saya terus mengajak para tenaga pendidik di Kabupaten Bogor juga komitmen menyukseskan Kurikulum Merdeka di seluruh sekolah. Targetnya, 2024 sudah menerapkan semuanya,” kata Iwan Setiawan, Jumat (29/7).


Kurikulum Merdeka bertujuan mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Kemendikbud Ristek mencatat, telah ada 143.265 sekolah yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Jumlah ini akan terus meningkat seiring mulai diberlakukannya kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA.

Iwan Setiawan menghimbau, agar para guru meningkatkan kapasitasnya. Karena kesuksesan kurikulum merdeka akan sangat ditentukan oleh kualitas dan kemampuan guru untuk menjadikan mekanisme pembelajaran semakin efektif.

“Dari ribuan guru atau tenaga pendidik, hanya 250 orang berkomitmen menjadi penggerak Kurikulum Merdeka ini,” kata Iwan.

Dirinya juga berharap sekolah penggerak dapat terus meningkatkan sinergi, kolaborasi dan inovasi agar dapat lebih banyak berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan, menciptakan ekosistem sekolah masa depan yang modern dan lebih baik.

“Dengan pelayanan kompeten, selaras pendidikan sekolah dengan keluarga, untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia,” terangnya.

Iwan menyebut, kurikulum merdeka merupakan kurikulum kebebasan yang dapat memberikan ciri-ciri karakteristik kepada para siswanya.

“Kurikulumnya tidak ribet, tidak banyak aktualisasi,” imbuhnya.

(cek/pojokbogor)