Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Untuk Pertandingan Persija Sore Ini

Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Untuk Pertandingan Persija Sore Ini
Sejumlah aparat keamanan berjaga di Stadion Patriot, Bekasi Selatan, Rabu, 25 Januari 2023. Foto: Pojoksatu.id/Adika F Utomo

POJOKSATU.id, KOTA BEKASI – Ribuan personel gabungan akan melakukan penjagaan saat pertandingan Lagi 1 Indonesia, antara Persija Jakarta menghadapi PSM Makassar.


Diketahui kedua kesebelasan akan melakukan pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi pada 25 Januari 2023.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki mengatakan Polres bersama instasi terkait Kodim, Dinkes, Pemkot Bekasi, Satpol PP, Dishub kita termasuk dibackup Polda Metro Jaya akan melakukan penjagaan di area Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

“Pengamanan saat ini ada 1700 personel akan disiapkan untuk melakukan penjagaan,” ungkap Hengki, kepada awak media, Rabu, 25 Januari 2023.


Hengki mengakui bahwa saat pertandingan kepolisian tidak akan berjaga di area lapangan Stadion Patriot Candrabhaga.

Hal itu sendiri berdasarkan aturan Perpol Nomor 10 tahun 2022. Nanti yang berada di ring 1 dan 2 tribun penonton hanya steward yang berjaga.

“Baik ring 1 dan 2 di Tribun itu ada dari steward, steward itu baik dari PSSI maupun dari TNI-Polri tapi dia berpakaian preman para pasukan yang menggunakan uniform,” terang dia.

Lebih lanjut, Hengki memastikan personil kepolisian tidak menggunakan gas air mata untuk mengantisipasi kejadian huruhara. Sejumlah alat mulai dari tameng dan tongkat disiagakan.

“Tidak, Perlengkapan itu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, untuk gas air mata sesuai petunjuk kita tidak bawa. Kecuali yang kita bawa tameng tongkat untuk mengatasi kalau terjadi huruhara,” jelas dia.

Selain Mempersiapkan anggota untuk keamanan, pihaknya juga menyediakan mesin X-ray untuk mendeteksi barang bawaan penonton itu sendiri.

“Ada beberapa titik disiapkan mesin X-ray untuk mendeteksi barang bawaan, selain nantinya petugas juga akan melakukan pengecekan secara manual,” tutup dia. (Adika F Utomo)