Petugas Kebersihan Khusus Desa Kertarahayu, Namanya Tim Saber Oranye

Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam
Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, membentuk sebuah tim petugas kebersihan yang diberi nama Tim Sapu Bersih (Saber) Orangnye.


Tim Saber Oranye beranggotakan 4 orang yang bertugas menjaga kebersihan desa. Mereka bekerja pada setiap akhir pekan.

Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi menjelaskan setiap akhir pekan turun ke wilayah Desa Kertarahayu untuk membersihkan sampah dan memotong rumput.

Wilayah kerja mereka yang utama adalah Jalan Raya di wilayah Desa Kertarahayu.


BACA JUGA: Leuit Jadi Penunjang Program Ketahanan Pangan Desa Kertarahayu

“Kita bentuk tim kebersihan karena sekarang masyarakat untuk diajak golor susah. Kita rekrut dan kita beli seragam buat mereka,” ucap Rudi saat ditemui di Kampoeng Kita, Rabu, 25 Januari 2023.

Sambung Rudi, para petugas telah dibekali peralatan untuk menunjang kerjanya seperti mesin pemotong rumput kemudian kacamata agar tidak terkena lontaran mesin pemotong rumput kemudian juga senjata tajam untuk memotong rumput dan juga faktor untuk mengangkut sampah yang ada di jalan.

“Ini sudah berjalan setahun. Awalnya 3 orang sekarang 4 orang kita lihat kehadiran mereka bisa menjaga kebersihan desa,” tutur dia.

Petugas kebersihan ini mendapatkan honor dari Desa sehingga mereka dapat bertugas dengan baik setiap pekannya. (Andi Saddam)