Leuit untuk Program Ketahanan Pangan Desa Kertarahayu

Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi di depan leuit yang berada di kompleks Kampoeng Kita, Rabu, 25 Januari 2023. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam
Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi di depan leuit yang berada di kompleks Kampoeng Kita, Rabu, 25 Januari 2023. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, memanfaatkan leuit untuk program ketahanan pangan.


Leuit atau lumbung itu merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di Kabupaten Bekasi ada 4 desa mendapat program ini, salah satunya Kertarahayu.

Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi menjelaskan leuit ini sudah ada sebulan sejak selesai dibangun.

“Manfaatnya untuk sekarang ini sudah kita rasakan, untuk selfie pengunjung. Mungkin karena unik dan sekarang langka,” tutur dia saat ditemui di Kampoeng Kita, Rabu, 25 Januari 2023.


BACA JUGA: 6 Fakta Menarik Desa Kertarahayu

Secara arsitektur, leuit ini tampak berpadu dengan konsep Kampoeng Kita. Dengan material didominasi kayu berwarna gelap dengan ujung atap bermotif kujang.

Ke depan, Rudi menjelaskan akan menggunakan leuit sebagai lumbung gabah untuk program ketahanan pangan.

“Nanti hasil panen program kita disimpan di sini. Bisa bertahun-tahun penyimapanan. Pemanfaatannya kita tunggu paceklik,” tutur Rudi.

Karena dasar bangunan leuit ini coran, maka Rudi mengatakan ini bisa menampung banyak gabah hasil panen.

“Bisa 5 ton lebih karena bawahnya dia cor. 10 ton saja masih mampu saya rasa,” demikian kata dia. (Andi Saddam)