Program Ini Bawa Posyandu di Cibitung Menjadi Terbaik di Jawa Barat

Program Ini Bawa Posyandu di Cibitung Menjadi Terbaik di Jawa Barat
Posyandu Sari Mawar 2 di Cibitung, Kabupaten Bekasi. Foto: Ist

POJOKSATU.id, BEKASIPosyandu Sari Mawar 2 berhasil meraih predikat sebagai posyandu terbaik se-Jawa Barat untuk kategori Kabupaten dalam lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat.


Keputusan tersebut tertuang lewat surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Jawa Barat Nomor 3683/PMD.03.03/KPPM tentang Pengumuman Hasil Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Sekretaris Kecamatan Dodi Supriadi selaku Ketua Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Kecamatan Cibitung mengatakan Posyandu Sari Mawar 2 mempunyai 33 (tiga puluh tiga) inovasi. Tak heran posyandu tersebut dapat mengangkat nama Kabupaten Bekasi di tingkat provinsi.

Salah satu inovasinya adalah antika atau antinarkotika. Antika menjadi wadah remaja dalam kegiatan positif.


BACA JUGA: Kecamatan Cibitung Juara Pertama Lomba Posyandu Tingkat Jabar

“Wadah para remaja dalam kegiatan olah raga berupa voli dan karate, sehingga para remaja bisa mempergunakan waktu luangnya untuk hal-hal yg positif,” tutur Dodi, Jumat, 9 Desember 2022.

“Sehingga bisa terhindar dari hal negatif seperti pergaulan bebas, narkoba dan meminimalisir tidak ikut-ikutan kenakalan remaja lainnya,” sambung dia.

Hal ini menjadi salah satu penilaian, bahwa posyandu tidak hanya bertugas memonitor kesehatan anak dan balita, namun juga memperbanyak kegiatan positif untuk remaja.

Dodi mengatakan di sekitar wilayah posyandu itu mempunyai fasilitas yang lengkap seperti adanya lapangan yang bisa digunakan untuk olahraga basket, bola voli hingga taekwondo.

Dodi menjelaskan prestasi yang diraih Posyandu Sari Mawar 2 tidak lepas dari dukungan semua elemen, dari mulai Kader Posyandu Sari Mawar 2, Pokja Kelurahan Wanasari, Pokjanal Kecamatan Cibitung termasuk Pokjanal Kabupaten Bekasi. (Andi Saddam)