Bakal Diberhentikan, TKK di Kota Bekasi Resah dan Gelisah

TKK di Kota Bekasi Resah dan Gelisah
TKK yang bekerja di Pemkot Bekasi. Foto: Pojoksatu.id/Adika F Utomo

POJOKSATU.id, BEKASI – Sejumlah tenaga kerja kontrak (TKK) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi (TKK) mengaku resah dengan surat edaran terkait penghapusan TKK pada 2023.


Dalam surat yang ditandatangani langsung oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto itu, masa kerja terakhir TKK di Kota Bekasi adalah 28 November 2023.

Para TKK yang sudah mengabdi selama bertahun-tahun itu pun resah, apalagi sejak diangkat jadi TKK mereka tak kunjung diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

“Banyak TKK di lingkungan Pemkot Bekasi sudah bekerja bertahun-tahun namun sampai sekarang belum diangkat,” jelas Taufik Hidayat, salah seorang TKK.


BACA JUGA: Diganti PPPK, TKK Pemkot Bekasi Terakhir Kerja November 2023

Taufik sudah mengabdi sejak tahun 2009 dan kini dia secara pribadi menolak surat edaran tersebut.

Menurutnya, penghapusan TKK hanya akan menambah jumlah pengangguran di Kota Bekasi.

SE penghapusan tenaga honorer Kota Bekasi 2023 itu disebut sebagai tindak lanjut dari surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tanggal 31 Mei 2022 tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

BACA JUGA: Masih Dibutuhkan, Pemkot Bekasi Tetap Rekrut TKK untuk Tahun 2024

Dalam SE itu disebutkan, jangka waktu penggunaan TKK untuk tahun anggaran 2023 adalah sebanyak 11 bulan, yaitu dari tanggal 2 Januari 2023 sampai dengan tanggal 28 November 2023. (Adika F Utomo)