Biang Kerok Banjir di Bekasi Tak Hanya Kiriman dari Bogor, Hal Ini Juga Berpengaruh

Biang Kerok Banjir di Bekasi Tak Hanya Kiriman dari Bogor, Ini Juga
Banjir di Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Barat, Selasa, 6 Desember 2022. Foto: Pojoksatu.id/Adika F Utomo

POJOKSATU.id, BEKASI – Wilayah tertentu di Kota Bekasi dihantui banjir kala musim penghujan datang. Beberapa penyebab banjir di Bekasi bervariasi.


Warga yang tinggal di dekat Kali Bekasi akan khawatir apabila debit air di Kabupaten Bogor meningkat. Karena, otomatis air kiriman dari hulu akan melewati wilayah muara, salah satunya Kota Bekasi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada DBMSDA Kota Bekasi, Anjar Budiono, mengatakanbanjir yang terjadi di wilayah Kota Bekasi bukan hanya disebabkan air kiriman dari hulu sungai saja.

BACA JUGA: Bekasi Gencar Normalisasi Saluran Air untuk Cegah Banjir


Penyebab banjir di wilayah Kota Bekasi itu salah satunya adalah pendangkalan saluran air sehingga tidak mampu menampung volume air ketika hujan lebat.

“Bahwa penyebab banjir di antaranya adalah pendangkalan, penumpukan sampah dan penyempitan saluran termasuk belum terkoneksinya saluran primer dan saluran sekuder,” jelas dia.

Tim yang diterjunkan dalam proses pengerukan pematusan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi.

Mereka saat ini, tengah gencar melakukan pengerukan sedimentasi setiap saluran air, bahkan petugas pematusan masuk ke gorong-gorong untuk mengeruk lumpur yang terendap.

“Bekerja, bersiap siaga tim melakukan pengerukan dan peningkatan kapasitas daya tampung saluran di berbagai wilayah, lalu tim URC siaga dalam 24 jam,” kata dia. (Adika F Utomo)