Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Dishub Periksa Bus di Terminal Bekasi

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Dishub Periksa Bus di Teriminal Bekasi
Petugas Dishub Kota Bekasi memeriksa salah satu bus yang berada di Terminal Bekasi, Kota Bekasi, Rabu, 7 Desember 2022. Foto: Pojoksatu.id/Adika F Utomo

POJOKSATU.id, BEKASI – Menjelang libur natal dan tahun baru (nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi melaksanakan kegiatan Ram Check di Terminal Bekasi pada Rabu, 7 Desember 2022.


Pengecekan dan juga memeriksa satu per satu bus yang ada di Terminal Bekasi, Bekasi Timur, untuk memastikan kelengkapan kendaraan sebelum beroperasi.

Beberapa kelengkapan yang di cek yaitu seperti rem bus, ban kendaraan, dan beberapa kelengkapan fasilitas lainnya seperti alat pemadam ringan (APAR) hingga alat pemecah kaca.

Sementara itu, beberapa petugas nampak terlihat mencatat beberapa kelengkapan bus dan beberapa kelengkapan yang tidak ditemukan. Bagi bus yang telah memenuhi standar kelaikan, petugas memasang stiker dari BPTJ.


Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek (ATDT), Dishub Kota Bekasi, Permata Sidik, mengatakan pelaksanaan kegiatan Ram Check ini akan digelar selama 3 hari ke depan untuk memastikan kelaikan bus jelang libur Nataru.

“Ram check ini melihat kondisi kendaraan, jadi nanti kita bergabung dengan pihak pengujian kendaraan bermotor dan didampingin Kemenhub BPTJ,” kata Permata Sidik, Rabu, 7 Desember 2022.

Sebagai upaya meningkatkan keselamatan jelang Libur Nataru, Permata mengatakan dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan tes kesehatan bagi pengemudi bus.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait hal itu.

“Kemarin sudah berkoordinasi dengan pihak TNI dan Dinkes untuk dilakukan pengecekan kepada awak kendaraan terutama sopir dan kondekturnya terutama saat mengemudi, karena mereka ini tenut rentan lelah atau ngantuk,” pungkasnya. (Adika F Utomo)