Katar Desa Tamanrahayu Terbaik Ketiga di Jawa Barat

Karang Taruna Desa Tamanrahayu
Foto bersama saat penilaian. Kades Tamanrahayu Abdul Wahid (peci), Ketua Katar Tamanrahayu Emin Suryana (tengah). Foto: Dok. Katar Tamanrahayu

POJOKSATU.id, BEKASI – Karang Taruna Desa Tamanrahayu di Setu, Kabupaten Bekasi, berhasil menjadi karang taruna terbaik ketiga di Jawa Barat berdasarkan hasil penilaian.


Usaha ekonomi produktif menjadi program unggulan yang digadang oleh karang taruna Tamanrahayu tersebut. Program UEP meliputi jasa pemasangan-servis AC, gali sumur bor, desain, dan sablon.

Ketua Katar Tamanrahayu, Emin Suryana, menjelaskan unit usaha produktif dibentuk untuk memberdayakan anggota karang taruna. UEP, kata dia, dikelola pengurus tersendiri.

“Intinya ini komitmen kita di karang taruna untuk memberdayakan anggota agar lebih baik ekonominya dan juga memunculkan wirausahawan muda serta juga menunjukkan kesempatan lahan pekerjaan bagi pemuda di Tamanrahayu,” tutur Emin, belum lama ini.


Kemitraan yang terjalin lewat unit tersebut sudah meliputi perusahaan swasta masyarakat dan juga institusi pendidikan seperti sekolah.

“Ke depan kita ingin menggagas unit ini lebih berkembang dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi pemuda di Tamanrahayu,” tutur Jibril, sapaan karibnya.

Dalam penilaian karang taruna berprestasi tingkat Jawa Barat, unit usaha produktif di cek oleh dewan juri dan dilihat kelengkapannya berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

” Kemarin kita kurang di administrasi yang jadi poin-poin kelengkapan kita ke depan kita akan lebih tertib dan rapi lagi dalam administrasi serta kerja sama kemitraan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tamanrahayu, Abdul Wahid, mengapresiasi pencapaian Karang Taruna di desanya.

Sebagai pembina, Wahid mengaku bangga atas apa yang telah dilakukan oleh para pemuda di desanya.

“Alhamdulillah dengan hasil ini menjadi ketiga terbaik di Jawa Barat Kami apresiasi dan semoga ini bisa menjadi pemacu untuk meningkatkan prestasi ke depannya,” demikian kata dia. (Andi Saddam)