Bangunan Liar di Samping SMPN 4 Bekasi Disegel Distaru

Bangunan Liar di Samping SMPN 4 Bekasi Disegel Distaru
Foto bersama usia penyegelan bangunan liar di samping SMPN 4 Bekasi, Senin, 5 Desember 2022. Foto: Dok Humas Pemkot Bekasi

POJOKSATU.id, BEKASIBangunan liar di samping SMPN 4 Bekasi disegel Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, Senin, 5 Desember 2022.


Bangunan yang berada di Jalan Tengiri Raya, RT 002 RW 4, tersebut terdiri atas MCK, penampungan limbah dan rongsok.

Sekretaris Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, Edison Effendi mengatakan penyegelan dilakukan diawali dengan adanya laporan warga setempat terkait penggunaan lahan kosong yang saat ini diubah peruntukannya menjadi tempat penampungan limban dan rongsok.

“Tindak penyegelan yang kami lakukan hari ini adalah salah satu bentuk tegas kami Pemerintah Kota Bekasi dalam hal menanggapi pengaduan atau laporan warga setempat terkait penyalahgunaan lahan yang tiba-tiba dijadikan tempat penampungan limbah dan rongsok,” tutur dia.


Dia menjelaskan bangunan tersebut tidak memiliki rekomendasi teknis dari Pemerintah Kota Bekasi dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB ) yang kebetulan lokasinya bersebelahan dengan tempat belajar mengajar serta berada di permukiman yang padat penduduk.

“Hal Ini juga sekaligus menerapkan kedisiplinan terhadap warga Kota Bekasi terkait segala sesuatu yang berurusan dengan perizinan dan administratif agar dapat taat dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan” tandasnya

Adapun penyegelan dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bekasi nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Izin Pemanfaatan Ruang serta Peraturan Daerah Kota Bekasi nomor 04 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan. (PS)