Transformasi Pelayanan Publik, Desa Cibening Segera Terapkan Digitalisasi

Transformasi Pelayanan Publik, Desa Cibening Segera Terapkan Digitalisasi
Ketua BPD Cibening, Anton Suryana.

POJOKSATU.id, BEKASI – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibening, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, bersama Pemerintah Desa (Pemdes) bakal segera merumuskan transformasi digital dalam bidang pelayanan.


Ketua BPD Cibening, Anton Suryana mengatakan berdasarkan data, sebanyak 80 persen sudah menggunakan smartphone, sehingga pelayanan transformasi digital pelayanan perlu dilaksanakan.

“Sangat sepakat dengan perkembangan jaman. Banyak masyarakat yang sudah mulai melek digital. Ini akan dilakukan secepat mungkin, untuk dapat melayani masyarakat,”kata Anton kepada awak media.

Tahun 2023 mendatang kata Anton transformasi digital dilakukan secara bertahap. Tahap pertama ialah pendataan dan sistem administrasi terpusat secara digital.


“Yang pasti pelayanan masyarakat secara digital, tahap pertama lebih ke inventaris data, pendataan,”tuturnya.

BACA JUGA: Jadi Runner Up Kompetisi Futsal, Desa Cibening Penuh Darah Muda

Jika pelayanan sudah secara digital, selanjutnya Desa Cibening berencana membuat e commerce untuk peningkatan masyarakat desa.

Selama ini kendala transformasi digital tingkat desa ialah minimnya sosialisasi. Anton mengatakan jika sudah ditetapkan akan sosialisasi secara menyeluruh ke masyarakat.

“Jadi ini harus benar-benar dijalankan, SDM dan aparatur desa disiapkan. Masyarakat juga disosialisasikan dan memberikan pelatihan untuk aparatur desa,”ucapnya.

Anton menjelaskan hal ini mengacu pada perkembangan jaman, yang juga harus membuat Pemdes bersiap sedari sekarang soal transformasi digital. (Andi Saddam)