Padi Merah Khas Kabupaten Bekasi Punya Kelebihan

Padi Merah Khas Kabupaten Bekasi Punya Kelebihan
Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bekasi BRIN melakukan Observasi Plasma Nutfah kepada kelompok tani di Badak Satu, kampung Cibadak, Desa Karang Indah, Bojongmangu pada Rabu, 30 November 2022. Foto: Diskominfosantik Kabupaten Bekasi

POJOKSATU.id, BEKASI -Kabupaten Bekasi punya padi merah yang memiliki kualitas dan ciri khas tersendiri.


Padi merah ini ditanam oleh Kelompok Tani Badak I di Desa Karangindah, Bojongmagu, Kabupaten Bekasi.

Kabid Ekonomi Pembangunan Balitbangda Kabupaten Bekasi, Indra Wahyudi mengatakan padi merah punya keunggulan dasar untuk mendaftarkan varietas ke PPVTPP di Kementerian Pertanian.

Indra menjelaskan mengatakan padi merah ini belum memiliki jenama, sehingga Balitbangda bersama Kelompok Tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan ini salah satunya akan mendiskusikan mengenai usulan nama-nama khas padi lokal yang memiliki keunggulan tersendiri ini, yang akan dikoordinasikan kepada Pj Bupati Bekasi.


BACA JUGA: Mencari Solusi Masalah Kesenjangan Kompetensi Calon Pekerja di Bekasi

“Nah untuk keunggulan tadi sudah dilihat secara fisik, rumpun padinya cukup baik, artinya cukup banyak anaknya, kemudian tinggi, profil daripada tanamannya lebih tinggi daripada Ciherang,” jelasnya.

Indra juga merasakan nasi padi lokal ini ketika dimasak juga lebih legit atau pulen (empuk dan enak) dari padi lainnya.

Pemkab Bekasi melalui Balitbangda, bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lanjutnya, akan mengadakan observasi daya hasil dan diharapkan bisa dilepas menjadi Padi Merah Lokal Kabupaten Bekasi. (PS)