Sentra Medika Hospital Cikarang Dinilai Buruk, Pasien Kecelakaan Positif Covid-19 Tak Dirawat Maksimal Hingga Meninggal

Sentra Medika Hospital Cikarang Dinilai Buruk, Pasien Kecelakaan Positif Covid-19 Tak Dirawat Maksimal Hingga Meninggal
RS Sentra Medika Cikarang. Foto: Pojoksatu.id/Adika F Utomo

POJOKSATU.id, BEKASI – Keluarga pasien mengeluhkan buruknya pelayanan RS Sentra Medika Hospital Cikarang yang berada di Jalan Raya Industri, Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.


Pasien bernama Doni yang merupakan korban kecelakaan disebut tidak mendapatkan perawatan maksimal dari RS Sentra Medika Hospital Cikarang dan sampai dinyatakan meninggal dunia, Kamis, 1 Desember 2022.

Pantauan Pojoksatu.id di lokasi, pasien tersebut hanya berada di Instansi Gawat Darurat (IGD) dalam beberapa jam, tidak adanya perawatan yang maksimal dari pihak Rumah Sakit tersebut.

Berdasarkan hasil laboratorium Sentra Medika Hospital Cikarang tersebut, pasien dinyatakan Covid-19 dan harus mendapatkan perawatan di ruang khusus pasien Covid-19.


Akan tetapi, pihak Rumah Sakit Sentra Medika Hospital Cikarang sudah tidak menyediakan ruangan ICU untuk pasien Covid-19.

Diketahui bahwa pasien tersebut masuk ke ruangan IGD pada pukul 01.30 WIB dan hanya dipasangkan alat bantu pernafasan dari hidung serta mulut pasien itu saja.

Keluarga korban, Elita Dewi, mengaku sangat kecewa dengan pelayanan yang didapatkan selama sang adik di bawa ke IGD di rumah sakit tersebut.

“Adik saya sudah koma berjam-jam dan hanya dilakukan perawatan di IGD saja tidak ada penanganan khusus dari rumah sakit tersebut,” jelas Elita, Kamis 1 Desember 2022.

Dia juga menjelaskan, bahwa sang adiknya tersebut dinyatakan Covid-19, melalui hasil antigen yang dikeluarkan Sentra Medika Cikarang Hospital..

“Adik saya dinyatakan Covid-19, padahal adik saya kerja di PT di wilayah Cikarang. Di PT itu sendiri sering dilakukan swab test dan dinyatakan negatif dari tempat kerjanya, masa tiba-tiba di sini positif Covid-19,” tegasnya.

Elita juga menerangkan, beberapa kali pihak keluarga, meminta kepada Sentra Medika Cikarang untuk dilakukan rujukan namun selalu berkelit dan beralasan menunggu konfirmasi dari rumah sakit rujukan tersebut.

Diketahui bahwa awalnya pasien akan dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi.

“Katanya pihak Rumah Sakit Sentra Medika Hospital Cikarang menunggu jawaban dari MOD RSUD kabupaten Bekasi,” imbuhnya.

Karena tidak ada kejelasan dari rumah Sakit rujukan yakni RSUD Kabupaten Bekasi, akhirnya pihak keluarga meminta untuk dilakukan rujukan ke RSUD Kota Bekasi.

“Rumah sakit sini katanya sudah menghubungi RSUD Kota Bekasi, namun jawabannya sama katanya menunggu jawaban dari Rumah Sakit rujukan. Padahal pihak RSUD yang dihubungi pihak keluarga, menunggu hasil dari Rumah Sakit Sentra Medika Hospital Cikarang untuk dilakukan rujukan,” tambahnya.

Tidak sampai disitu saja, keluarga pasien juga mengatakan, bahwa pihak Rumah Sakit tersebut tidak melayani pasien Covid-19, dengan alasan ruang perawatan Covid-19 sudah tidak tersedia.

“Kata dokter jaganya bahwa ruangan ICU untuk merawat pasien Covid-19 sudah tidak ada,” tuturnya.

Dinas Kesehatan segera selidiki

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Dokter Alamsyah menambahkan, Rumah Sakit yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi masih menyediakan ruangan khusus pasien Covid-19, selama pandemi Covid-19 belum selesai.

“Selama pandemi masih belum selesai SOP penanganan kasus Covid-19 di RS tidak ada perubahan untuk penanganan Covid-19,” tegasnya.

Pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait buruknya pelayanan di Rumah Sakit Sentra Medika Hospital Cikarang itu sendiri.

“ini lagi saya tugaskan kepala bidang yankes ke Rumah Sakitnya, untuk investigasi kasus tersebut,” tutupnya. (Adika F Utomo)