Human Error Jadi Penyebab Kecelakaan Terbesar

Human Error Jadi Penyebab Kecelakaan Terbesar
Ilustrasi.

POJOKSATU.id, BEKASI – Seringkali terjadinya kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah Bekasi baik kota ataupun kabupaten, diketahui Kecelakaan itu banyak faktor penyebabnya.


Berdasarkan data yang dihimpun Pokoksatu dari PT Jasa Raharja secara nasional, 60 persen diantaranya disebabkan faktor human error.

Sementara 30 persen lainnya disebabkan oleh faktor jalan dan 10 persen diantaranya karena faktor kendaraan.

“Secara menyeluruh faktor penyebab kecelakaan terbesar itu adalah 60 persen itu didominasi faktor keselamatan manusia sendiri (human error),” kata Kepala Perwakilan Jasa Raharja Bekasi, Alfin Syahrin, Rabu 30 November 2022.


Dia mengungkapkan, faktor human error juga memiliki beberapa faktor lain yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas, hingga mengakibatkan korban meninggal dunia maupun luka-luka.

“Faktor human error juga banyak sekali penyebabnya seperti faktor kelelahan, ngantuk, sampai kondisi tubuh hingga kecakapan pengemudi tadi, dan pengetahuannya,” tuturnya.

Alfin meminta kepada para pengendara, harus memahami tata tertib dalam berlalulintas. Mulai dari memahami kendaraan hingga batas kecepatan dalam berkendara.

Sebab, hal-hal seperti inilah yang wajib diketahui agar pontensi terjadinya kecelakaan dapat dihindari, meski ada beberapa faktor lain.

“Nah untuk, terkait dengan sarana prasarana, mungkin melalui forum komunikasi lalu lintas yang kita adakan setiap bulan dengan stakeholder terkait itu, fungsinya itu kalo emang ada kecelakaan yang disebabkan karena faktor sarana prasarana jalan maka instansi berwenang sesuai tupoksinya bekerja untuk memperbaiki itu,” pungkasnya. (Adika F Utomo)