Bawa Raih Prestasi di Tingkat Jabar, UEP Karang Taruna Desa Tamanrahayu Jadi Program Andalan

UEP Karang Taruna Desa Tamanrahayu Jadi Program Andalan 1
Sekretaris Karang Taruna Tamanrahayu, Ahmad Yunus.

POJOKSATU.id, BEKASI – – Melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Karang Taruna (KT) Desa Tamanrahayu, Kecamatan Setu berhasil menyabet juara tiga dalam ajang Karang Taruna berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat. Seperti apa keberhasilan KT Tamanrahayu menjalankan UEP itu?


Ya, UEP itu merupakan unit teknis yang sudah diatur dalam Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Karang Taruna. Di Desa Tamanrahayu, UEP sudah memiliki kantor tersendiri di dekat Kantor Desa Tamanrahayu.

Sekretaris Karang Taruna Tamanrahayu, Ahmad Yunus, menjelaskan jika sudah ada 5 bidang usaha yang dijalani yakni jasa desain, servis AC, instalasi listrik, pengeboran sumur hingga percetakan.

“UEP kita jalankan sejak tahun 2021, saat itu pas pandemi, banyak yang tidak ada kegiatan di rumah dan kita mengoptimalkan potensi wilayah,” kata Yunus, Selasa, 28 November 2022.


UEP KT Tamanrahayu pun sudah menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan agar pengelolaan dapat berjalan profesional.

Yunus mengatakan dalam menjalankan usaha, UEP KT Tamanrahayu berupaya untuk menjaga kepercayaan konsumen.

“Untuk sumber daya manusia memang yang sudah terlatih, mentornya pun saya sendiri sudah bersertifikasi BNSP,” paparnya.

Satu tahun lebih berjalan, UEP KT Tamanrahayu sudah dipercaya banyak ratusan konsumen baik pihak swasta ataupun individu.

UEP Karang Taruna Desa Tamanrahayu Jadi Program Andalan
Jasa pengeboran sumur jadi salah satu layanan UEP Karang Taruna Tamanrahayu.

Dalam instalasi AC contohnya membuat program member, harian hingga bulanan kepada konsumen.

“Jadi, kalau yang member ataupun bulanan itu ada diskon khusus. Kalau yang harian jatuhnya reguler. Kita pun berikan garansi untuk pemasangan AC hingga perbaikan,” tuturnya.

“UEP ini didirikan Karang Taruna untuk pemberdayaan anggota Karang Taruna, SDM hingga manajemen pun dari Karang Taruna,” paparnya.

Hasil UEP itu, selain untuk operasional dan gaji pegawai, disisihkan juga untuk mendukung kegiatan sosial KT Tamanrahayu. Yunus menargetkan UEP akan terus dikembangkan.

“Tentu melanjutkan pemetaan, agar semua bisa diberdayakan. Ini merupakan upaya kami untuk merubah mindset anggota Karang Taruna,”tuturnya.

Dengan modal manajemen dan bersumber kepercayaan konsumen, Yunus yakin UEP akan bertumbuh. Dalam rapat kerja pengurus KT Tamanrahayu, UEP pun sudah menjadi prioritas program kerja. (Andi Saddam)