Aman, 6.538 hewan ternak di Kabupaten Bekasi Sudah Vaksin

Ilustrasi. Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi sudah memvaksin 6.538 hewan ternak. Foto: Istimewa
Ilustrasi. Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi sudah memvaksin 6.538 hewan ternak. Foto: Istimewa

POJOKSATU.id, BEKASI – Demi mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi berusaha memvaksin hewan ternak.


Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi menargetkan 7.500 hewan ternak yang terdiri atas sapi, kerbau, kambing mendapat vaksin.

Dari target tersebut, saat ini sudah 6.538 hewan ternak mendapat vaksin dosis I dengan rincian potong sebanyak 5.229 ekor, sapi perah 62 ekor, kerbau 52 ekor dan kambing/domba sebanyak 1.193 ekor.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesmavet pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, drh. Dwiyan Wahyudiharto, optimistis capaian vaksinasi PMK dapat selesai pada akhir tahun ini. karena hamper mencapai angka 100 persen.


BACA JUGA: PMK di Jabar Menurun, Uu Ruzhanul: Vaksinasi dan Skrining Hewan Tetap Jalan

“Kami terus melakukan vaksinasi, mudah-mudahan sampai akhir tahun ini tercapai. Jika tidak selesai akhir tahun ya akan kita lanjut sampai target 7500 vaksinasi PMK itu selesai,” jelas drh. Dwiyan, Senin, 28 November 2022.

Target dari vaksinasi PMK tersebut di antaranya sapi akseptor, sapi jantan dan betina, kerbau dan kambing khusus untuk pembibitan. Namun dari sebagian besar yang mendapatkan vaksinasi PMK yaitu sapi.

“Untuk sapi potong sebanyak 5.229, sapi perah sebanyak 62, kerbau 54 serta domba dan kambing 1.193,” katanya.

Untuk penyembuhan, drh. Dwiyan menjelaskan, hewan ternak diberikan obat-obatan seperti penurun panas, sitrun untuk membersihkan luka serta obat-obatan dari rekomendasi himpunan dokter hewan. (ps)