Korban Banjir Rob di Muaragembong Dapat Bantuan

Korban Banjir Rob di Muaragembong Dapat Bantuan
Bantuan yang disalurkan BPBD Kabupaten Bekasi untuk warga Muaragembong yang terdampak banjir rob. Foto: istimewa

POJOKSATU.id, BEKASI – Warga sejumlah desa di Muaragembong, Kabupaten Bekasi, terdampak banjir rob sejak beberapa hari lalu.


Banjir pasang air laut tersebut membuat aktivitas warga yang terdampak menjadi terganggu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi melakukan upaya penanganan sekaligus menyalurkan bantuan logistik kepada warga setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis, mengatakan sesuai arahan Pj Bupati Bekasi, pihaknya langsung turun menuju lokasi bencana setelah mendapat laporan.


BACA JUGA: Penanganan Warga Korban Banjir Rob di Muaragembong Harus Semaksimal Mungkin

“Ya, kami langsung berkoordinasi dengan Tim Destana setempat dan FPRB Kecamatan Muara gembong, untuk melakukan kesiapsiagaan jika banjir rob semakin tinggi, serta melakukan pendataan wilayah yang terdampak banjir rob,” tutur Muchlis, Sabtu, 26 November 2022.

Ada 5 desa yang terdampak banjir rob, yaitu Desa Pantaimekar, Desa Pantaibahagia, Desa Pantaibakti, Desa Pantaisederhana dan Desa Pantaiharapanjaya.

Ketinggian air yang merendam jalan-jalan dan rumah mulai 20 hingga 50 sentimeter.

“Jika banjir rob semakin tinggi, kami bersama pemerintah setempat akan melakukan evakuasi warga untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi, hal itu dilakukan agar tidak terjadinya korban jiwa,” tambahnya.

“Hari ini (26 November) kita sudah kirimkan bantuan logistik, berupa 20 dus sembako, 15 dus air mineral, 4.000 buah masker dan 1.000 karung. Dan semua bantuan logistik sudah diterima oleh pihak Kecamatan Muaragembong,” ujarnya.

Selain itu, BPBD Kabupaten Bekasi sudah menyiapkan bantuan lainnya berupa 500 batang bambu, bronjong, mie instan dan air mineral yang akan segera dikirimkan ke Muaragembong. (Andi Saddam)