Pendataan Regsosek di Ragemanunggal Rampung Sesuai Target

Pendataan Regsosek di Ragemanunggal Sudah Rampung Sesuai Target
Petugas Pemeriksa Lapangan (PML) Ragemanunggal, Sukarma Wijaya (tengah), bersama 4 petugas pendataan lapangan (PPL).

POJOKSATU.id, BEKASI – Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di Desa Ragemanungal, Setu, Kabupaten Bekasi, telah rampung sesuai target.


Petugas Pemeriksa Lapangan (PML), Sukarma Wijaya. menjelaskan di Ragemanunggal ada 4 PML dan 16 PPL. Tiap PML membawahi 4 PPL, dan tiap PPL membawahi 1 satuan lingkungan setempat (SLS) atau 1 RT.

“Alhamdulillah tidak ada kendala, hanya ada segelintir yang no response yang tidak mau diwawancarai karena mungkin kurang pemahaman terkait BPS walaupun sebetulnya dari pemdes dan isntansi sudah sosialisasi kepada tiap-tiap ressponden,” tutur pria yang juga ketua BPD Ragemanunggal tersebut, Kamis, 24 November 2022.

Pada 14 November 2022, proses pendataan regsosek sudah rampung mulai pengisian kuesioner PK1, regsosek dan tagging dari tiap-tiap bangunan.


“Data yang dibutuhkan yatu kuesioner dan peta wilkerstat (wilayah kerja statistik, WS) itu dari hasil geotagging di aplikasi wilkerstat Regsosek terus dimutasi ke peta WS disesuaikan dengan project yang di wilkerstat di peta WS sesuai nomor urut,” ucap Sukarma.

Untuk mekanisme sejak awal, PML dan PPL yang menjalani bimbingan teknis dan mulai dengan verifikasi keluarga untuk mencari data langsung apakah terdapat mutasi (perindahan penduduk) atau tidak. Verifikasi berlangsung selama 3 hari.

“Sebelum pendataan secara door to door ke rumah tangga masing-masing, kita verifikasi,” katanya.

“Saat ini alhamdulillah proses selesai. Ragemanunggal sudah rampung dari progres tersebut kita bisa memilih atau mengakumulasi berapa jumlah keluarga miskin, tidak miskin. Terus berapa persentase yang bergerak di bidang pertanian,” demikian kata dia. (Andi Saddam)