Polisi Bongkar Sindikat Penjual Makanan dan Minuman Kedaluwarsa di Cikarang, 7 Orang Ditangkap

Polisi Bongkar Sindikat Penjual Makanan dan Minuman Kedaluwarsa di Cikarang, 7 Orang Ditangkap
Barang bukti yang disita polisi dari tangan para pelaku. Foto: Ist

POJOKSATU.id, BEKASI – Unit Reskrim Polsek Cikarang Barat membongkar sindikat penjual makanan dan minuman kedaluwarsa di Kampung Bojongkoneng, RT 001 RW 03, Telagamurni, Cikarang Barat.


Berdasarkan informasi yang diterima redaksi, produk makanan dan minuman yang kedaluwarsa dihapus tanggal kedaluwarsa kemudian diganti yang baru. Setelah itu, produk dipasarkan kepada masyarakat.

Pengungkapan sindikat ini berawal dari penangkapan N di rumah kontrak yang berisi ratusan dus produk makanan dan minuman kedaluwarsa.

“Ketika digeledah, di lokasi ada beberapa karyawan berinisial M, D, A, N, J. AR bertugas menghapus kode tanggal expiry ada produk makanan yang kemudian dicetak lagi (dengan tanggal expiry yang baru, Ed),” tutur Kanit Reskrim Iptu M. Said Hasan, Rabu, 23 November 2022.


Kode expiry date itu dihapus dengan cairan tiner. Produk yang telah dipalsukan tersebut dijual kepada reseller berinisial AR.

“(expiration date, Ed) dicetak kembali menggunakan alat label matic printing seperti kode tanggal pada umumnya kemudian diperjualbelikan lagi kepada reseller,” tutur dia.

Polisi meringkus 7 orang pada kasus ini dan masih terus memburu reseller lain yang memasarkan produk ini kepada masyarakat.

Ratusan produk makanan dan minuman kedaluwarsa dan barang bukti lainnya disita Polsek Cikarang Barat. (Adika F Utomo)