Cerita Kades Cikaregeman yang Naikkan Status Desa Menjadi Maju

Cerita Kades Cikaregeman yang Naikkan Status Desa Menjadi Maju
Kades Cikaregeman Markun Hidayat.

POJOKSATU.id, BEKASI – Desa Cikarageman, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kini berstatus sebagai desa maju. Infrastruktur di desa sudah semakin laik digunakan.


Kepala Desa Cikarageman Markun Hidayat menceritakan pada awal ia menjabat pada tahun 2012 lalu, status Desa Cikarageman merupakan desa tertinggal.

“Pas saya pertama menjabat (Tahun 2012) memang tujuan utama saya yaitu kantor desa. Alhamdulillah atas semua dorongan masyarakat, niat saya terkabul,”kata Markun dalam Podcast Terus Terang di Prosper Channel, belum lama ini.

Kondisi saat itu, kantor desa Cikarageman dalam kategori banyak terdapat kerusakan sehingga perlu diperbaiki. Usai berhasil membangun kantor desa, Markun melanjutkan membangun infrastruktur.


BACA JUGA: Sebentar Lagi Masyarakat Cikaregeman Punya Gedung Puskesmas Pembantu yang Baru

“Pada saat itu masih jalan-jalan tanah ya, pengecoran baru beberapa titik. Kita masuk mobil aja itu susah ya, apalagi habis hujan ya, takutnya ga bisa keluar pada saat itu,”cerita dia.

Berbekal dari program pemerintah yang mendukung pemerintah desa, akhirnya Pemerintah Desa Cikarageman bisa secara bertahap membangun infrastruktur.

Saat ini mayoritas jalan-jalan lingkungan Desa Cikarageman sudah dalam kategori laik digunakan. Dalam kurun waktu hanya 10 tahun, Desa Cikarageman naik dua level menjadi desa maju.

BACA JUGA: Cara Pemdes Cikaregeman Antisipasi Banjir di Wilayahnya

“Setiap rapat minggon kita membahas bagaimana pelan-pelan desa ini (Cikarageman) bisa tambah lebih baik. Intinya berkat kekompakan, aparatur desa, BPD hingga RT-RW,”tuturnya

Usai sukses membangun infrastruktur desa, kini Markun fokus terhadap pembedayaan masyarakat melalui wisata desa dan pasar desa.

“Target saya kedepan, satu wisata desa dan juga perbaikan pasar desa,” tandasnya. (Andi Saddam)