2 Masjid di Bekasi Disatroni Pencuri Kotak Amal, Pelaku Diduga Sama

2 Masjid di Bekasi Disatroni Pencuri Kotak Amal, Pelaku Diduga Sama
Rekaman CCTV yang memperlihatkan pencuri kotak amal masuk ke masjid.

POJOKSATU.id, BEKASI – Sebuah kotak amal Masjid yang berada di perumahan Wahana Pondok Gede, Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi, digasak oleh seseorang, pada Sabtu, 5 November 2022.


Tidak hanya satu masjid saja, pelaku pencuri kotak amal ini sendiri melakukan aksinya di2 masjid sekaligus yang tidak jauh lokasinya.

Akibatnya uang di 3 kotak amal di dalam masjid itu raib digondol oleh pelaku yang diduga hanya seorang diri.

Pengurus Masjid Al-Muhsinin, Taufiq, 38 tahun, mengatakan untuk aksi pencurian uang kotak amal yang terjadi di Masjidnya terjadi pada pukul 14.00 WIB. Aksi itu terjadi ketika memang kondisi masjid dalam kondisi sepi.


BACA JUGA: Warga Bekasi Dibacok saat Berusaha Gagalkan Pencurian

“Kurang lebih gini pada saat selesai salat zuhur itu kan rada sepi ya karena kejadian itu di pukul 14.00 WIB. Jadi pelaku itu melakukan aksinya ketika kondisi kosong,” kata Taufiq, Kamis, 10 November 2022.

Aksi pencurian ini sendiri baru diketahui pengurus masjid setelah melihat kondisi 2 kotak amal dalam keadaan rusak.

Setelah dicek isi di dalam kotak amal itu pun hilang. Ketika dilakukan pengecekan CCTV ternyata ada seorang pria yang mengambil uang di dalam kotak amal itu.

“Ada dua kotak yang diambil. Tapi kalo jumlahnya berapa berapanya kurang paham ya. Pastinya uang tersebut diambil per dua minggu dan kadang kadang nominalnya tidak mesti namanya juga uang jariyah bisa 1-2 juta lah kurang lebih seperti itu,” jelasnya.

BACA JUGA: Pria Berpeci Gasak Isi Kotak Amal Masjid di Setu

Diungkapkan oleh Taufiq, di hari yang sama Masjid Al Syahid yang terletak tak jauh dari lokasi juga kehilangan uang di dalam kotak amal.

Hanya saja kejadian pencurian itu terjadi pada pukul 12.00 WIB. Artinya menurut Taufiq, Masjid Al Syahid lebih dulu disatroni oleh pelaku.

Namun, jika melihat CCTV yang beredar pelaku diduga merupakan orang yang sama. Sebab, diungkapkan oleh Taufiq jika dilihat dari gestur dan ciri-ciri pelaku, tak berbeda jauh dengan pelaku pencurian uang kotak amal yang terjadi di Masjid Al-Muhsinin.

“Kalo melihat tayangan video orangnya hampir sama, secara gestur sama. Ini kemungkinan ya. Jam 12.00 WIB ngambil di masjid yang atas Al Syahid. Kemudian di jam 14.00 WIB itu turun di komplek kami. Jadi sekali jalan dia dapat dua. Yang mungkin kalo di lihat dia ini sudah agak terlatih ya,” ujarnya.

Terkait dengan peristiwa tersebut, Taufiq menyampaikan ia belum melaporkan kejadian itu ke Polsek terdekat.

Namun, pihaknya mengaku alam segera melaporkan kejadian itu, sehingga pelaku segera bisa ditangkap. Sebab, hal ini tentu sangat meresahkan, apalagi diduga pelaku merupakan orang yang sama.