Segini Jumlah CCTV yang Dibutuhkan Agar Polisi Dapat Memantau Setiap Jalan di Bekasi

Segini Jumlah CCTV yang Dibutuhkan Agar Polisi Dapat Memantau Setiap Jalan di Bekasi
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki. Foto: Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, BEKASI – Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki, mengatakan butuh sekitar ratusan unit CCTV untuk penerapan tilang elektronik dan pengawasan lalu lintas di Kota Bekasi.


Kebutuhan CCTV sangat penting, kata dia, jika setiap jalan di Kota Bekasi terpasang kamera pengawas dan terkoneksi ke Command Center Polres akan memudahkan kerja kepolisian.

“Saya sudah pernah sampaikan bagaimana di Kota Bekasi di Musrembang (musyawarah rencana pembangunan) saya sampaikan ke wali kota bagaimana di Kota Bekasi ini paling tidak memiliki 500 CCTV,” kata Hengki, Jumat 4 November 2022.

Kebutuhan CCTV sangat penting, jika setiap jalan di Kota Bekasi terpasang kamera pengawas dan terkoneksi ke Command Center Polres akan memudahkan kerja kepolisian.


BACA JUGA: Tilang Manual Gak Boleh, Tapi Tilang Elektronik Belum Bisa di Bekasi

“CCTV itu selain untuk (antisipasi) gangguan kamtibmas juga untuk kelancaran lalin kerja sama Satlantas dan Dishub,” jelas dia.

Jalan yang telah dipasang CCTV relatif lebih mudah dipantau jika terjadi kemacetan atau kejadian gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Misalnya, jika di simpang tertentu mengalami kepadatan arus lalu lintas, pengaturan waktu lampu merah akan diatur sesuai pantauan CCTV.

BACA JUGA: Arsenal Pecundangi Chelsea di Stamford Bridge, Gabriel Magalhaes Jadi Bek Paling Subur di Liga Inggris

“Pola waktunya sama kalau 3 menit 3 menit semua tapi kalau sudah ada CCTV kerja sama Dishub itu bisa kita terapkan skala prioritas,” terangnya.

Saat ini, wilayah Kota Bekasi hanya 70 unit CCTV tersebar di jalan protokol dan kawasan komersil.

“CCTV sekarang sudah 70 terdiri dari milik Pemkot bekasi 17 unit, 36 punya BPTJ dan 20 punya Summarecon,” papar Hengki. (Adika F Utomo)